maaf, bukannya cendocitrol itu mengandung steroid ya (cmiiw). ini aku postingin email dari milis sebelah.

(http://www.sehatgroup.web.id/review.asp?id=112)

*Obat untuk sakit mata *

Question : Dear Dr. Wati dan SP,Anak pertama saya Diyang lahir normal dengan BB 2.75 kg, sekarang sudah berusia 6 bulan dengan BB 7.8 kg. Hingga saat ini masih minum ASI ditambah susu formula sedikit karena saya bekerja.Minggu lalu saya sakit mata, setelah berobat saya diberi obat Troboson dengan kandungan Tobramycin 3.00 mg dan dexamethasone sodium phospate 1.00 mg. Karena takut menular dokter mata memberikan obat Fenicol dengan kandungan Chloramphenicol 2.5 mg dan thimerosal 0.02 mg sebagai preventive namun anak saya tidak diperiksa matanya.Diyang memang punya kebiasaan suka kucek2 mata dan saya berusaha agar kebiasaan itu tidak berlanjut. Kemarin saya perhatikan mata sebelah kiri Diyang ada kotorannya (belekan) dan sedikit merah, pertanyaan saya:
1. sebaiknya langsung diberikan obat tsb atau tidak sebelum tambah parah?
2. Obat tersebut aman tidak ya?
3. Lansung diperiksa ke dokter atau tunggu beberapa hari lagi untuk observasi? Mohon pencerahan Dr. Wati dan sharingnya bila ada rekan2 SP yang punya pengalaman seperti saya.
Terima kasih,Hera

Answer 1 : CENDO FENICOL
GENERIK Kloramfenikol.
INDIKASI Trakhoma, keratitis (radang selaput bening mata), konjungtivitis (radang selaput ikat mata), dakriosistitis (radang kantung air mata) & uveitis (radang uvea/lapisan dalam mata yang terdiri atas selaput pelangi, badan siliar, dan koroid).
KONTRA INDIKASI Hipersensitivitas.
PERHATIAN Pertumbuhan kuman yang resisten terhadap Kloramfenikol.
EFEK SAMPING Hipoplasia sumsum tulang termasuk anemia aplastik.
KEMASAN Tetes mata 1 % x 5 mL.
DOSIS 2 tetes atau lebih tiap 3 jam pada mata yang meradang.
PABRIK Cendo.
aku sih prefer bersihkan pakai waslap air hangat dulu matanya dari arah luar ke hidung, kalau 2 hari ga berkurang merahnya baru minta saran dsa klo ga salah inget garamycin, jd ga ada thimerosalkadang cuma alergi aja kok mba... reva anakku tuh kalau udah alergi debu kalau ga pilek ya batuk atau batuk pilek atau ya matanya merah, sama kayak ibunyakalau saya sakit mata dan takut nularin anak biasanya saya pastikan abis pegang mata cuci tangan dulu baru pegang anak gitu, atau ya menghindari dulu dari anak ekstremnya, dan bersih bersih rumah untuk memastikan kalau memang alergi, pencetus alerginya dihindari dulu.
ade

Answer 2 : Mbak...beberapa waktu yang lalu aku pernah tanya juga ke dokter Wati perihalsakit mata, beliau bilang kalo masi merah cukup dikompres dengan ar hangattapi kalo muncul belekan/kotoran dan lengket biasanya karena bakteri apalagikalo udah beberapa hari maka obatnya yah antibiotika tetes/salep mata bolehdiberikan yaitu Garamycin/kemicetine tetes mata/salep. Kandungannyaantibiotika tidak ada steroid.
Semoga membantu,
Santi Mama Rakhel

Answer 3 : Mbak Yeni,
mataku juga sering rasa "keset" gitu, maklum biasa naekojek..hehe..biasanya aku cuci mata dg air rebusan daun sirih , abisnya seger ke mata....
Henny
[Ibunya Audrey]

Answer 4 : SAKIT MATA - HERA
Sudah ditanggapi ya Her oleh SP, thanks ya yg menanggapiSaya sih kalau mau beri tetes mata buat mamanya ya yg pure antibiotika ajagak pakai steroid (deksametason kan steroid ya; salah satu efek sampingnyakan glaukoma)Untuk anakmu saya setuju SP, gak usah kasih obat dulu, observe aja dulusambil dibersihkan.

wati

atau buka link yg satunya ini (solae kalo diposting kepanjangan): http://www.sehatgroup.web.id/review.asp?id=134