Hi pak Didik,

Wah, pak .. terima kasih banyak untuk klarifikasinya .. :)

Saya coba tulis lebih jauh, maksud tulisan saya di e-mail sebelumnya ya,
pak.
Betul, pak... memang saya tuliskan 2 links yang bahas 'minyak tawon/minyak
gosok' dan 'minyak telon'.  Saya pikir juga 2 jenis minyak itu selama ini
dikenal berbeda 'ciri'nya, itu sebabnya saya pakai istilah umum 'minyak
oles' [termasuk untuk ganti subjek e-mailnya: minyak oles (was: obat nyamuk]

Dari hasil 'sok iseng' browsing, saya pilih juga link 'minyak tawon
_Konicare_', karena kebetulan juga di link ini saya dapatkan penjelasan
komposisi bahan dari minyak telon tsb.
Dari riview bapak tentang link ini, memang tertulis khasiat minyak telon
tsb. nggak ada sangkut pautnya dengan 'bentol/gigitan nyamuk'.  Itu sebabnya
saya cantumkan juga asumsi saya di e-mail untuk 3 contoh minyak oles yang
saya tulis:

(quoted):
So, asumsi saya semuanya cukup mirip komposisinya dan bisa dianggap juga
hampir sama 'khasiat'nya :)

Saya cuma sekadar beropini (dengan menggunakan istilah 'asumsi'), kalau
komposisi larutan minyak2 tsb. ada beberapa yang sama (khususnya: untuk
ingredients 'oleoum cocos' - yang saya duga sebagai pelarut karena
komposisisnya cukup significant & 'oleum kajuputi'), khasiatnya pun kurang
lebih bisa sama. Saya pikir, untuk sebatas ingredients yang bersumber dari
hasil ekstrak bahan alam, dwi atau multi khasiat dari bahan tsb. bisa saja
kejadian, lain halnya kalau 2 macam obat mengandung 2-3 macam chemicals yang
sama, mungkin nggak berani juga berasumsi bahwa ke-2 obat itu sama
khasiatnya.

Minyak oles _Konicare_ sendiri punya lebih dari 1 varian, minyak telon,
minyak kayuputih dan minyak gosok (cmiiw) ... saya pikir, mungkin ini
termasuk 'strategi marketing', menjual beberapa produk untuk beberapa gejala
... dan ini sama sekali nggak salah, walau tetap menurut saya pribadi yang
cukup dominan dari produk seperti ini adalah 'efek penghangat'nya :)

Review bapak juga membuat keisengan saya browsing jadi berlanjut :) Saya
coba cari di _google_ menggunakan key words "minyak telon untuk bentol
akibat nyamuk", bahkan ganti kata "minyak telon" dengan "minyak kayuputih"
dan "minyak tawon" ... semua ada resultnya.
Sekilas baca, sebagian besar hasil pencarian dari _google_ adalah hasil
sharing parents sebagai pengguna variasi minyak2 tsb. dan sepertinya memang
hasilnya bervariasi (mulai dari yang 'cespleng', 'lama hilang bentolnya'
sampai yang nggak 'ngaruh' sama sekali).

Saya dapat juga beberapa links yang bahas issue hampir serupa:
*
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/banyak.nyamuk.di.rumahku/001/001/182/1

*Banyak Nyamuk di Rumahku*

*...*

*(quoted)
*

*Hindari. *Namun, mencegah nyamuk untuk masuk ke kamar tidur si kecil bukan
berarti Anda bisa menghalalkan segala cara. Sebaiknya Anda tetap menghindari
cara-cara seperti ini:

   - Menggunakan lotion/krim anti nyamuk yang dioleskan pada tubuh bayi.
   Bahan-bahan yang terkandung di dalam lotion/krim anti nyamuk dapat
   mengiritasi kulit bayi yang masih sensitif. Akibatnya, kulit si kecil
   menjadi kering dan terasa perih.
   - Minyak telon, minyak kayu putih, minyak tawon, atau jenis minyak
   lainnya. Minyak-minyak tersebut umumnya memberikan efek hangat yang mungkin
   akan membuat si kecil malah semakin tidak nyaman.
   - Obat nyamuk bakar. Selain dapat menimbulkan risiko kebakaran, asapnya
   juga akan mengganggu pernapasan si kecil.

** *
http://cyberwoman.cbn.net.id/cbprtl/common/ptofriend.aspx?x=Mother+And+Baby&y=cyberwoman%7C0%7C0%7C8%7C934<http://cyberwoman.cbn.net.id/cbprtl/common/ptofriend.aspx?x=Mother+And+Baby&y=cyberwoman%7C0%7C0%7C8%7C934>

Salah Cara Merawat Kulit Picu Aneka Penyakit

*...*

(quoted dari pendapat Dr. Sri Linuwih Menaldi Sp KK (K) dari Departemen
Penyakit Kulit dan Kelamin FKUI)**

**Sengatan Serangga.
Pada anak yang punya bakat alergi, reaksi gigitan serangga dimulai dengan
bintil kemerahan dan gatal pada lokasi tertentu yang disebut *prurigo*. Bila
reaksi tersebut parah, rasa gatal muncul hingga di sekujur tubuh. Badan
terasa tidak nyaman, demam, sulit bernapas dan berlanjut dengan kehilangan
kesadaran. Pada anak, reaksi demam akibat gigitan serangga disebut *sindrom
skeeter.*

Cara penanggulangan terbaik yaitu dengan memberi bedak gatal atau mengolesi
minyak kayu putih, minyak telon atau minyak tawon pada bekas gigitan
serangga tersebut. Namun, perlu di ingat karena kulit anak masih sensitif,
jika setelah diobati gigitan serangga itu tidak hilang atau bahkan muncul
gejala penyakit kulit lain, segeralah membawanya ke dokter untuk diperiksa
lebih lanjut.

Dari 2 links terakhir (bahkan untuk link yang paling akhir bukan lagi kasus
gigitan nyamuk, tapi sengatan serangga untuk kulit anak yang berbakat
alergi), saya kembali berasumsi kalau minyak telon, minyak kayuputih, minyak
tawon, minyak gosok punya kapasitas yang sama untuk dipakai sebagai salah
satu antisipasi 'bentol akibat nyamuk' - tentu dengan hasil yang bervariasi
tergantung dari jenis kulit, usia si empunya kulit, alergi, dll.

So, itu mungkin penjelasan maksud saya dari e-mail sebelumnya. Namanya hanya
berasumsi,  kemungkinan besar memang bisa salah juga, ya pak :)

Sekali lagi, terima kasih banyak untuk klarifikasinya, pak..
cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Kirim email ke