From: rosa rosliana [mailto:rosa.rosli...@yahoo.com]
Sent: Monday, February 16, 2009 10:17 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] tanya - 36 month + , baby head on above

Dear Pak Afriyuddin, (maaf kalau salah)

Anak keberapa ya? Saya juga  begitu, anak pertama. DSOG saya kasih pengertian,
bisa saja melahirkan normal dengan kondisi pantat yang akan keluar duluan. Tapi
karena lingkar kepala adalah bagian tubuh yang terbesar, kalau pantat bisa
lewat, belum tentu kepalanya bisa lancar lewat. Kalau tersendat terlalu lama
dijalan lahir dikhawatirkan bayi nya akan kekuarangan oksigen. Keputusan
diserahkan sama saya, tapi karena anak pertama saya ga berani juga, akhirnya ya
SC.

Ibu saya juga pernah mengalami hal seperti itu, tapi anak ketiga. Posisi kepala
diatas,sehingga pada waktu lahir pantatnya duluan yang keluar, dan
alhamdulillah lancar proses persalinannya.

Kesimpulannya, ya bisa saja, tapi sepertinya diperlukan tekad dan keberanian
lebih dari ibu dan dokternya.