Setauku (dulu dokterku jelasin)
Sebenarnya bentuk puyer itu hanya sbg cara memudahkan pemberian obat...
Ketika si anak sudah tidak cukup dengan dosis dalam Sirup... (sebetulnya bisa aja tetep dikasih sirup, tapi takarannya harus berlipat2, sehingga mungkin dibutuhkan lebih dari 1 botol, sangat tidak efektif kan?)..maka diambillah dalam bentuk tablet, dan tidak semua anak mudah menelan tablet bukan?...lalu digeruslah tablet itu sehingga menjadi bentuk puyer...

Dan yang sering banget aku baca, koq ya banyak sekali orang tua yang menyamakan puyer dengan antibiotik.. .
padahal gak semua puyer isinya antibiotik lho...
makanya yuuuk kita selalu cerdas ketika dokter meresepkan obat...
tanya isi resepnya apa, gunanya obat tsb utk apa, knapa takarannya sekian, knapa dikasih yg bentuk drops, sirup, atu puyer?...

karena pernah DSA lain selain DSA langganan saya, ybs memberi obat syrup,tetapi tidak membawa hasil, malah mengakibatkan dosis pemakaian menjadi berlipat...itu yang tidak membuat saya setuju. dan saya pun kalau dapat resep dari DSA saya, selalu bertanya kompisis nya apa saja? saya yakin dokter saya tidak gegabah dalam memberi obat, apalagi antibiotik. mengenai cerita di TV tentang cara pembuatan puyer, saya yakin tidak semua apotik seperti di tayangan tersebut. jadi kita tidak bisa memukul rata semua apotik, juga DSA. Sayang lho mom kalo kita datang ke dokter dengan embel2 K dibelakangnya, misalnya DSA(K), tapi tidak memanfaatkan jasa konsultasinya. ..

Wassalam,

Arie Krishandi