Keiknya perlu diobservasi lagi deh pak..
gimana BB anak,apakah susah naik ato ga?
apakah ada panas yang berulang terutama 1-2 bln terakhir?
ato adakah batuk yang berulang juga?
kalo menurut saya, benjolan yang di belakang kepala
itu adalah pembesaran kelenjar akibat adanya infeksi(cmiiw)
n kita mesti cari dimanakah infeksinya?

Kalo benjolan di kemaluannya yang agak bengkak
serta buang air kecilnya berlebihan
(mungkin bukan berlebihan tapi sedikit2 tapi sering)
kita mikirnya,pasti ada sesuatu di saluran kencingnya
kembali lagi...ada panas ga?kalo dipegang nyeri ga?
kalo iya,kemungkinan memang ada infeksi saluran kemih(cmiiw lagi)

Trus untuk hernia sendiri,setau saya kok jarang ya umur segitu
biasanya kalo bukan bayi<1 tahun ya dewasa
meski ga menutup kemungkinannya lho..
dan biasanya lebih sering lokasinya di lipat paha
coba aja deh perhatiin benjolannya,
terutama kalo anak nangis,pup atau pas tidur tenang
sama ato beda?

Sorry ga jawab malah kebanyakan nanya..

Rgrd,
~tika~