*Roseola Infantum*

      DEFINISI

Roseola Infantum adalah suatu penyakit virus menular pada bayi atau
anak-anak yang sangat muda, yang menyebabkan ruam dan demam tinggi.

      Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan - 3 tahun.

      PENYEBAB

      Penyebabnya adalah virus herpes tipe 6 dan 7.

      Virus disebarkan melalui percikan ludah penderita.

      Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala)
adalah sekitar 5-15 hari.

      Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

      GEJALA

      Demam timbul secara tiba-tiba, mencapai 39,4-40,6° Celsius dan
berlangsung selama 3-5 hari.

      Meskipun demam tinggi, tetapi anak tetap sadar dan aktif.

      Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita mengalami kejang
demam

      (kejang akibat demam tinggi).

      Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala,
leher sebelah samping dan di belakang telinga .

      Limpa juga agak membesar.

      Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.

      Sekitar 30% anak memiliki ruam (kemerahan di kulit), yang mendatar
maupun menonjol, terutama

      di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, lengan dan tungkai.

      Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa
jam sampai 2 hari.

       DIAGNOSA

       Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

       PENGOBATAN

       Untuk menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen.

       Kepada anak-anak tidak boleh diberikan aspirin karena bisa
menyebabkan sindroma Reye.

       Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang
telah dibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan menggunakan es
batu, air dingin, alkohol maupun kipas angin.

       Usahakan agar anak minum banyak air putih atau potongan-potongan es
batu, larutan elektrolit atau kaldu.

        Selama demam, sebaiknya anak menjalani tirah baring.

--
rgds,
Lita
http://rumahnyaalsa.multiply.com