Terima kasih untuk semua saran dan sharingnya.

Salam,
Ayah Manzila

gw setuju ma ela....

gw lebih liat dari sisi menyaksikan momen2 anak kita lagi trip ma temen2nya, jd
dah kyk paparazi moto2 en nge shoot anak kita ma temen2nya..
kalau dilepas atau kita samsek ga dateng justru gw en miswa ngerasa rugi ga
bisa nyaksikan momen2 yg ga bisa terulang lagi (saat di usia anak tsb)
Nayla dari playgroup juga gitu, dilarang keras dr pihak sekolah..hanya beberap
ortu sj yg buntutin anaknya...
waktu itu  miswa tetep diem2 ngikut dr jauh, sesekali mendekat hanya untuk
foto2 nay...( gw ga ikut krn gi hamil besar)
dan bener dr hasil vidio nya, gw liat nayla gi asik ma temen2nya, ada sesekali
nay mudeng kalao bpknya moto2, eh nay malah dadain papinya sambil ketawa
bahagia ma temen2nya...
jd menurut gw ga papa ortunya ngikut, asal jgn gangguin kesibukan anaknya
aja...sesekali moto en mantau ga papa ga bikin anak manja koq, malah dia
ngerasa ortunya perhatian, kan momen2 keq gini ga terulang lagi...nanti juga
ada saatnya anak2 ga mau deteminin atau ga mau di kintilin ortunya terus....

Sefty

-------------
Pak Ali,
secara saya bekerja di sekolah TK, kita selalu bilang ke orangtua, kalau
anak-anak mereka akan kami didik agar lebih mandiri, oleh karena itu tiap
ada acara Field Trip, kami hanya mengijinkan untuk yang usia 1 - 3th saja
yang didampigni oleh orang tua, da itupun hanya boleh 1 oarng.... dan untuk
usia 3 s/d 5 th mereka dilarang keras untuk didamping, walau kadang masih
banyak orang tua yang suka ngumpet-ngumpet untuk mengikuti dari belakang....
Tapi kami lebih tegas dan kami bisa membuktikan bahwa tujuan kita bagus,
anak khan sudah besar, kalau ortu masih ragu akan kemandirian anak,
otomastis anak juga akan terpengaruh, mereka merasa belum mandiri.
Alhamdulillah.. mereka semuanya pada mengerti....
Jadi kesimpulannya, apakah dari pihak sekolah memang disarankan untuk ikut
study tour? kalau ngga, biarkan anak dipercayakan sepenuhnya kepada pihak
sekolah. Dan pastikan ke Anak bapak agar selalu nurut kepada guru, dalam
arti jika ingin toilet harus ijin guru dulu, tidak boleh berpisah dari
rombongan..
Percaya dech pa, dengan anak pergi sendiri tanpa didampingi "mandiri" pasti
merupakan kebanggan buat Bapak....
semoga ini bisa membantu.....

-Henny-

----------
bener mbak Nana, biasanya malah kalo saya ikut anak saya nggak mau ngapa2in
maunya nempel terus kaya perangko.
Jadi saya tega2in aja biar dia bisa enjoy seneng2 sama temen2nya.
sebenernya pengen juga sih ngeliat dia kalo bersosialisasi sama
temen2nya kaya gimana
tapi ya gitu, bisanya cuma ngintip doang, kalo terang2an unjuk muka
malah nempel hehe..

Ika Ariyani

--------------
Beuh.. barusan abis nganter kahla (kls.2 SD) yg Widya wisata ke ancol cm
sampe naik bis. Aku gak ikutan, pdhl dia dr kmrn dah ketakutan krn mo'
nonton 4D, (biasanya kalo sm kita/ortu dia ngumpet pegangan tangan
ibunya)
Kalo aku malah sengaja gak ikutan, biar anaknya belajar berani, belajar
mandiri..
Yg penting dah di wanti2, kalo takut gimana, kalo mo' pipis gimana, gak
boleh lepas dr rombongan, dll..
Nunggu berita nih, ktnya pulang jam 3 sore nanti.. :)

Best Regards,
Mardiana

-----------
hihhii sama tuh..
Abel ke ragunan usia 3,5th gue lepas ajahhh..

yesi.warrie

------------
saran saya mending ditanya ke pembimbing nya pak apa perlu didampingi orang
tua
anak saya biasanya saya tanyain dulu ke pembimbing nya.
kalau mereka bilang nggak perlu ya nggak apa2 nggak didampingi ortu
secara biasanya mereka pasti ada extra perhatian juga bagi anak yang tidak
didampingi ortu.
anak saya walau masih umur 2,5th sudah saya lepas nggak pernah saya dampingi
sejauh ini sih aman2 aja, malah menurut saya bisa mendidik mandiri dan
bertanggung jawab
apalagi ini sudah kelas 1 sd.

Ika Ariyani

------------
Anakku kemarin ke Ancol, ga ku antar... nitip bu guru aja.

Nopi Krismayanti

--------------
Kalo saya setelah SD sih templatenya nggak dianter lagi..
Tapii tergantung permintaan..
kalo anaknya minta ditemenin ya ikut..
kalo nggak..ya bekali secukupnya..
titip gurunya..
Selama SD sih nggak pernah ngikutin lagi..
pegel bo!! panas pula..
lagian ibu2 yang ngawasin dari jauh model paparazi kayak jeng ela itu dah
buanyakk...
jadi gua titip mereka aje..
praktis..aman..dan gratis.. he3x

Niken Ariati

---------------
dan tergantung ortunya jg.. rela gak kehilangan momen-momen utk menyaksikan
anak kita yg msh kecil itu piknik dr sekolah hehe
anak saya dr kelas toddler klo field trip gak blh didampingi ortu.. tpi saya
tetep ikut dgn catatan gak boelh keliatan sm si anaknya, krn dikhawatirkan
jd rewel. Yah belagak jadi paparazzi gitu deh.. foto-foto dr jarak jauh, klo
pas anaknya noleh buru2 ngumpet dibelakang pohon hehe Minggu lalu baru jg
field trip ke TMII.

Ela elviana

---------------
kayaknya ndak usah didampingin, pak.
titip aja sama guru nya.
tp kalopun masih was-was juga, dampingi nya jgn deket-2.
misal, tidak 1 kendaraan, waktu di lokasi bapaknya menjauh ( tp jgn
ngelaba di TMII yaa..)

tjak pd

-----------
Yg penting anak dibekali dengan nasihat2,misal kl mau ke toilet harus ijin, kl
mau jajan harus ijin, dan kl bisa tetep di dalam kelompok. Biasanya dari
sekolah sudah dibelaki dengan name taq lengkap dengan Nama anak, asal sekolah
dan nomer telepon guru pendampingnya.
demikian sekedar sharing

windy windy

Tergantung anaknya Pak, kemaren ini anak saya TKA piknik ke Ragunan ga
didampingi lho...... dia rekor ngalahin abang2nya, yang sampe kelas II
masih di dampingin ;-(

Yenni Afrianti