Untuk ngehindar kebingungan, kl mau bandingin itu ya harus di kategoriin dl, misal:
Dari sisi kisaran harga
Dari sisi teknology yang dipake
Dari sisi purna jual....

1. Kalau Merk/company: untuk mencari layanan purna jual yg terbaik (termasuk popularitas). Kalo merk di dasarkan untuk mencari kualitas hasil yang terbaik, ya tentunya gak bakal ketemu2. soalnya meski satu merk pasti banyak varian, dan beda2 kualitas. Dari sisi kualitas hasil, jangan khan bandingin yang beda merk, bandingin satu merk tapi type beda ajha, kualitasnya beda2.... Merk A dengan type A1 bisa ajha lebih baik dari Merk B type B1, tapi di kasus lain
Merk A dengan type A2 bisa ajha lebih jelek dari merk B type B2, dst
Jadi untuk masalah merk.. itu cocok kl untuk mencari layanan purna jual yg terbaik di Indonesia.

2. Kalau Teknology/kualitas lensa: untuk mencari kualitas hasil photo yang memuaskan
Untuk masalah hasil photo...
Liat teknologi yang di pake, optical zoom, dllnya.
saya juga bukan ahli kamera, tapi coba tanya sama tukangnya, mana camera yang menggunakan lensa "glass" dan bukan "plactic". Camera yang menggunakan lensa "glass" akan menghasilkan warna mirip dengan aslinya dan tingkat terang yg memuaskan, sekalipun di dalam ruangan. Jadi jangan pernah jadiin acuan merk terntu dengan terknologi DSLR sebagai patokan untuk mencari pocket camdig. Jangan terkecoh: resolusi kamera 12MPix belum tentu lebih baik dari 8MPix, resolusi itu hanya untuk pembesaran ukuran hasil cetak. bukan ketajaman, pencahayaan, dll Kecuali mau cetak photo seukuran lapangan bola, baru cari yang beresolusi gede :D

Selanjutnya kl mau bandingin camdig,..... ya dari kisaran harga, alias kemampuan kantong. Tentunya camdig mahal beda dengan yang murmer, kl untuk sekedar keseharian, cari yang murah, tapi dengan hasil yang gak murahan :)

Yang paling enak itu, datang ke toko camdig trus minta di test beberapa merk & type dengan kisaran harga yang masuk anggaran.

:)

Semoga bermaanfaat dan maaf kl ada yg kurang pas.

ela wrote:
Canon aja, aku pk digicam n DSLR merk Canon (canon minded hehe),
layanan purnajualnya bagus klo ada masalah.
Klo olympus ada bbrp temen yg punya hsl potonya krg bgs. Ada jg yg
panasonic, utk poto outdoor mayan bagus.