setauku kalo mbak Sylvia sih 4-4nya normal.

aku kebetulan SC utk 2 orang anakku.

aku pakai bius lokal jadi bisa ngerti kapan saat anakku lahir, dibersihkan
dan dilihatin ke emaknya. biasanya sih SC sendiri cuma sekitar 20-30 menit
sampai bayi keluar, yg lama proses jahitnya sekitar 30-40 menit ya total 1
jam-an deh

bius hilang sekitar 3 jam kemudian

gak perlu takut mbak karena sekarang SC udah gak terlalu termasuk operasi
besar kalo gak ada komplikasi.

pesenku sih kalo habis SC jangan manja xixixixi jangan terlalu dianggep
sakitnya kalo gak cepet gerak/latihan malah kaku dan tambah sakit.

pengalamanku ya mbak yang pertama operasi Sabtu, belajar miring/duduk sabtu
sore, minggu pagi dah duduk enak utk kasih ASI, minggu sore belajar turun dr
t4 tidur, senin pagi jalan di sekitar t4 tidur, selasa siang pulang

 yang kedua operasi Jumat, belajar miring/duduk jumat sore, sabtu pagi dah
duduk, siang belajar turun dr t4 tidur, sabtu malam jalan di sekitar t4
tidur, minggu siang pulang

jangan angkat2 barang berat kurleb sebulan sampe luka kering

hmmm yg lain2 sih persiapan kaya y  normal aja paling baju dilebiin 1-2 hari

kalo bisa pas habis operasi minta ditemenin krn kadang komplikasi suka
terjadi saat habis operasi, kaya sepupuku menggigil, kejang, Hb turun
drastis sampe harus transfusi darah.

--
rgds,
Lita