Sharing ini sudah pernah saya tulis di blog (18 Maret 2008), sudah pernah juga
dishare ke milis (kalo ga salah), tapi pengen aja dishare lagi, siapa tahu bisa
bermanfaat dan memberi inspirasi. Soalnya masih banyak yg tanya, gimana sih
caranya?

Membagi Diri Membagi Waktu
by: Maya Siswadi

Banyak temen2 di milis yg tanya bagaimana caraku mengatur sehingga sepertinya
semuanya beres, rumah beres, anak terurus, tapi tetep bisa ngenet.

Well, memang gak mudah karena walaupun aku FTM aka Full Time Mom, aka IRT, aka
Ibu Rumah Tangga, tapi aku ya sama sibuknya dg ibu bekerja aka working mom.

Mungkin yg gak tahu latar belakangnya menganggap, ah itu sih biasa, gak hebat,
tapi banyak juga yg terheran2, terutama ibu2 baru, bagaimana caranya?

Aku ini memang cuma FTM / IRT, tapi punya anak 3, yg dua terhitung masih balita
5,5 th & 4 th, dan yg satu lagi terhitung masih bayi 11 bln, trus? Dimana letak
anehnya? Aku ini gak punya asisten rumah tangga (ART) sama sekali apalagi
babysitter (BS).

Kalau buat yg tinggal di luar negeri, mereka mungkin sudah biasa menghadapi
masalah beginian, karena bayar ART & BS di luar negri sana kan mahalnya minta
ampun. Jadi mereka dah biasa ga pake ART & BS. Tapi buat yg tinggal di
Indonesia, mungkin aneh, secara bisa bayar orang kog buat jd ART, jd pasti gak
kebayang kalo sampe harus gak punya ART & BS, dg anak 3 yg masih kecil2.

Nah, mulai kebayang kan, bagaimana "repotnya"? Punya anak satu aja repot kalo
gak punya asisten or babysitter..apalagi punya anak 3?

Yah, memang repot, namanya cuma punya tangan cuma dua, tapi harus mampu
"membagi diri & membagi waktu" sehingga seolah2 aku ini harus punya tangan
delapan!

Lho kog?

Lah iya toh, bapaknya anak2 kan harus masuk hitungan anak2 juga, karena dlm bbp
hal kadang2 bapaknya anak2 ini juga manjanya bisa melebihi anaknya...hahaha

Trus gimana caranya donk??? Gampang....belah aja dirimu menjadi bbp bagian..dan
lakukan pekerjaan itu dlm sekali waktu...hahahaha
Selama ini sih jurus jitu yg aku pake sih masih sama lah..doing multiple job in
one time.... Dg begitu aku bisa sedikit menghemat waktu & punya sedikit waktu
santai2 di waktu lain.

Contoh mudah spt yg bbp hari lalu aku lakukan.
Kebayang nggak bisa nyuci baju, bikin kue, cuci piring, & masak dlm satu waktu?
Jaman sekarang semua bisa diatur...berkat kecanggihan teknologi...jd pekerjaan
pun jd sedikit lebih mudah.

Oke...begini caranya....

Pertama isi bak cucian dulu (mesin cucinya masih manual) pake selang, sembari
menunggu aku siapkan bahan2 kue & mulai mengocok telur dg standing mixer,
sembari menunggu aku mulai merebus ayam utk sop & menghaluskan bumbu dg
blender, membersihkan beras & memasak nasi di magic com.

Jadi, sambil menunggu cucian di mesin cuci, kocokan telur di mixer, rebusan
ayam & blenderan bumbu, aku sambi dg mencuci piring sedikit2 (manual) &
menggoreng tempe/tahu/ikan..fiuhhhh

Sudah selesai? Belum donk, cucian masih digiling lagi bbp kali, diisi baknya
lagi bbp kali,  jd ya musti mondar mandir liatin cucian...masukin bahan2 kue ke
cetakan utk dipanggang, nguleg sambel utk pelengkap makan, memotong2 sayur utk
sop, sambil mencuci piring sedikit2.

Di lain waktu

Sambil nyusuin Falda...nemenin kakak2nya main...menunggu goreng ikan/ayam/tempe
di dapur...ngisi bak mandi...yippppiiiii dua tiga pulau terlampauiiiii

Jadi tempe yg lagi digoreng..kan gak harus ditungguin..
trus keran dibuka buat isi bak mandi
tinggal dulu trus nyusuin Falda sambil duduk..
sementara kakak2nya main di dekatku...
tangan kiri megang Falda..tangan kanan yg bebas bantuin kakaknya dg mainannya
berhubung Falda nyusunya cuma bentar2 jadi begitu selesai nyusu..
aku ke dapur ngecek gorengan...trus ke kamar mandi ngecek bak mandi dah penuh
ato belum....fiuuuuuhhhhh

Di suatu pagi...
Pagi2 bikin kopi ayah...sambil nyiapin sarapan...disambi nyiapin perangkat
sekolah Faldi...nyetrika baju Faldi...mandiin Falda...Faldi-Ferdi mandi
sendiri...
Another time....
Saat aku nyapu...air lagi direbus dikompor..nasi lagi dimasak di magic com
bersama telor...cucian lagi direndam di tpt cucian..horeeee...

Trus istirahatnya kapan?
Saat sedang menyusui Falda...aku susui Falda sambil tiduran...lumayan...bisa
meluruskan kaki & mengendurkan sedikit otot2 yg pegel....atau saat menemani
anak2 bermain.

Trus internetannya kapan?
Ya sambil menyusui bisa..sambil nemenin anak2 main bisa....sambil nunggu kue
selesai dipanggang...ato sambil nunggu gorengan/kukusan/rebusan matang...sambil
menunggu cucian kelar....

Smoga bisa jd inspirasi

Best Regards,
Maya Siswadi - Bunda 3F
http://bunda3f.multiply.com
http://www.luarbiasa.biz/?id=bunda3f

      Cepat, Bebas Iklan, Kapasitas Tanpa Batas - Dengan Yahoo! Mail Anda bisa
mendapatkan semuanya. http://id.mail.yahoo.com

Kirim email ke