x-posting ya, dari milis _sehat_

---------- Forwarded message ----------
From: Gopina Goham <alfin.b...@gmail.com>
Date: 2008/1/23
Subject: Fwd: Macam2 Sunat? : RE: [sehat] [news] Bahaya Di Balik
Teknologi Laser (Awas Sunat Laser)
To: BA milis <balita-anda@balita-anda.com>

cross posting.....

---------- Forwarded message ----------
From: Gopina Goham <alfin.b...@gmail.com>
Date: May 1, 2007 11:06 AM
Subject: Re: Macam2 Sunat? : RE: [sehat] [news] Bahaya Di Balik
Teknologi Laser (Awas Sunat Laser)
To: se...@yahoogroups.com

dulu pernah dibahas mengenai sunat laser ini. saya copy paste
diskusinya pada saat itu, ditambah diskusi dari milis lain.

mohon maaf jika kurang membantu,
=listi=

=========================

Hal yang kedua yang perlu saya jelaskan, sunat dengfan sinar laser itu
tidak ada. kauter itu bukan laser tetapi pembakaran. dengan dibakar
maka pembuluh darah yang terputus langsung mengering. Darah tetap
keluar tetapi langsung kering. Sinar laser itu bukan sinar yang
sederhana karena memerlukan perangkat yang sangat canggih dan listrik
yang tidak sedikit. Voltasenbya pun harus sangat stabil.
Kalau banyak tukang sunat (baik dokter atau mantri) mengatakan bahwa
ia menyunat dengan menggunakan laser maka itu adalah bohong dan hanya
untuk tujuan komersial (supaya dianggap canggih). Alat kauter untuk
sunat itu harganya tidak mahal, sekitar 2 juta rupiah.
Salam
KM

==============

FADBDG wrote:
> Mohon dijelaskan bagaimana pelaksanaan sunat laser tsb.
> Soalnya menurut teman saya,anaknya disunat laser di kota kecil purwakarta
> beserta teman2 sekampungnya dgn cara sbb:
> alat kelaminnya dimasukkan ke semacam ring semacam aluminium shg cuma
> ujungnya yg akan disunat saja yg kelihatan shg menurutnya tdk akan
> menimbulkan impotensi.
> Apakah kematian jaringan yg dokter maksudkan berarti impotensi?
> Menurut teman saya dokternya tidak memakai pisau.

Yang dimaksud itu menggunakan suatu alat yang disebut "cincin". Sering
disebut juga "sunat tanpa pisau". Alatnya ya seperti cincin itu, yang
fungsinya menjepit ujung preputium. Menurut pengalaman dr bedah di
milis sebelah, penyembuhan lukanya tidak begitu bagus, meskipun
lama-lama bisa halus juga. Beliau tetap prefer metode biasa saja.

Mengapa sunat laser kurang dianjurkan di milis ini?
Mbak Lea pasti pernah mendengar layanan sedot lemak/liposuction di
salon-salon kecantikan. Yang salah bukan liposuctionnya, tetapi
mengapa di salon, mengapa bukan oleh dokter yang berhak, dan harus
jelas
indikasinya.
Begitu juga. Laser yang sebenarnya itu berbentuk gelombang dengan
spesifikasi tertentu yang bersifat "membakar" jaringan (dalam tanda
kutip agar tidak dibayangkan seperti menembakkan api ke tubuh kita).
Dengan metode tertentu, sifat membakar ini jadi "memotong". Yang
benar-benar punya laser ini tidak sembarang tempat. Umumnya di
kota-kota besar dan RS/klinik besar.

Yang sering disebut-sebut "sunat laser" itu seringkali ternyata adalah
menggunakan cauter atau "pisau listrik" (bilah kecil yang dialiri
listrik). dr Najwa pernah menjelaskan banyak soal teknisnya.
Intinya adalah, sunat dengan laser, sunat dengan cauter, itu tidak
salah ASAL dilakukan oleh dokter yang berkompeten dan ada indikasi
medisnya. Sunat laser dan cauter dengan keuntungan perdarahan minimal
baik bila anaknya berbakat gangguan pembekuan darah (penderita
hemofilia misalnya).
Sedangkan pada kebanyakan anak, teknik konvensional pun tidak
menimbulkan banyak perdarahan. Dengan memeriksa kondisi penis sebelum
melakukan tindakan, dokter sudah bisa menduga seberapa risiko
perdarahan
- ada ciri-ciri tertentu - dan menyesuaikan tekniknya agar perdarahan
minimal. Ibaratnya sudah jaga-jaga dulu.

Kembali menegaskan, sunat pada dasarnya cukup bius lokal. Terpaksa
pakai bius total kalau anaknya tidak bisa kooperatif, ada kesulitan
tertentu atau ada kelainan tertentu pada penis yang mengharuskan
tindakan medis lebih dari sekedar sunat biasa.

Karena itu, yang penting sebelum tindakan sunat, dilakukan dulu
pemeriksaan dan anamnesis untuk kemungkinan risiko perdarahan maupun
kesulitan ini.

Impotensi? Banyak faktor menimbulkan impotensi, tetapi sunat bukanlah
tindakan yang berhubungan langsung dengan impotensi. "Kematian
jaringan" yang disebutkan pada tindakan dengan laser atau kauter
adalah bila ada yang tidak tepat dalam menggunakan alat tersebut.

Mungkin yang dimaksud itu, kalau kita memotong preputium terlalu jauh,
bisa terjadi ketika sembuh terlalu pendek sehingga ada retraksi
(tarikan) preputium terhadap ujung penis sehingga tidak bisa berereksi
sempurna (bengkok). Kalaupun terpaksa terjadi hal seperti ini, masih
ada dokter bedah urologi yang bisa melakukan perbaikan. Hal ini
termasuk pula yang akan diperiksa dokter sebelum memulai tindakan
sunat.

Begitu ya,

tonang

=============

begini...
mungkin mengenai prosesnya aku tidak bisa jelaskan dengan lebih rinci...

sunat dengan kauter atau laser itu prosesnya lebih cepat dari sunat
dengan cara konvensional biasa...

kauter itu berupa suatu pisau (sebenarnya berupa batang besi panjang)
yang bersifat panas...  pada sunat dengan kauter dioakai metode
guletin yaitu perpusium (kulit penis) dijepit sampai batas di atas
glans penis (ujung batang penisnya), kemudian prepusium di sayat...
pada proses kauter seperti ini memang perdarahannya lebih sedikit
kareana oembeluh darahnya langsung tertutup (akibat pnasnya kauter)...
akan tetapi resikonya lebih tinggi..

1. prepusium yang dipotong bisa saja kelebihan atau kekurangan...
(kalau pakai gunting biasa lebih gampang diaturnya) dan kalau
kelebihan susah untuk memotongnya lagi...
2.saat melakuakn kauter, klem untuk menjepit prepusium itu biasanya
sering terkena kauter..sehingga menghantarkan panas ke glans penis...
sehingga bisa timbul luka bakar...
3. bila tidak hati-hati bisa saja kauter langsung mengenai glans nya..

makanya waktu koass dulu konsulen bedah saya selalu mengingatkan hal
ini...supaya kalau sudah jadi dokter jangan main-main dengan yang
namanya kauter...

btw kalo sunat sama dr spesialis itu sama saja sama sunat
konvensional...(yang pakai gunting dsb) cuma anstesinya (biusnya)
lebih gaya.. pakai bius umum

bisanya sunat yang kayak gini (menggunakan jasa spesialis) pada kasus
tertentu mbak...mislanya anaknya ada gangguan pembeukan darah, atau
pada anak hipospadia yang kulitnya akan dibauat untuk slauran
kencingnya... atau orang dewasa yang resiko perdarahannya tinggi

kalau tdk ada indikasi tertentu... sunatnya sama dokter umum aja...

dr najwa

============

Wah, ini jatahnya Bu Lakhsmi nih, saya coba sedikit Pak karena Bu
Lakhsmi masih sibuk "cuci muka" di ruang operasi hehehe ...

sandra indra wrote:
> Saya mau menanyakan tentang sunat untuk anak
> laki-laki:
> 1. ada berapa metode sunat yang terbaru apa yang tidak
> begitu sakit dan cepat pemulihannya

Setahu saya, pada dasarnya tidak banyak perkembangan soal teknik
operasi Pak. Hanya soal keterampilan dokternya saja.  Yang Bapak
dengar terbaru itu mungkin saking sering dengar "sunat tanpa pisau"
itu kali ya. Selanjutnya di bawah sekalian.

> 2. apakah bius total atau bius lokal

Yang standar lokal Pak. Tinggal lihat-lihat kondisi. Pertama,
sebenarnya sakitnya hanya pas suntikan anesthesinya, setelah itu ya
tidak sakit. Tapi, anaknya penakut nggak? Orang tuanya mau ikut
kerjasama memegangi dan menenangkan anaknya nggak? Kalau memang takut,
orang tua juga tidak PD, ya sudah pakai bius umum (bukan total Pak,
nanti dikira minuman dalam kemasan hehehe).

Kedua, kalau ada masalah pada penisnya, misalnya perlengketan
preputium dan gland penis (mudahnya dimengerti: ada fimosis) diduga
sulit, mendhing pakai bius umum. Kalau lokal takutnya, efek anesthesi
sudah berkurang saat baru berusaha melepaskan perlengketan. Atau kalau
ada masalah lebih serius (hipospadia misalnya, kan operasinya lain
lagi).

> 3, apa itu sunat dengan metode laser hasilnya akan
> sama dengan sunat biasa

Saya pertajam dulu. Teknik laser yang sebenarnya, menggunakan suatu
gelombang dengan panjang gelombang tertentu. Biasanya ini hanya ada di
RS besar/klinik laser tertentu.

Yang sering kita dengar sebagai "sunat pakai laser tanpa darah" itu
sebenarnya pakai electrocauterisasi. Gampangnya pakai: pisau listrik.

Per teori, hasilnya ya sama. Kembali ke soal keterampilannya. Yang
saya dengar, pakai elektro cauter ini butuh keterampilan, nggak
sekedar nggak boleh berdarah. Nanti terlalu agresif berusaha tidak
berdarah, malah bikin nekrosis jaringan, sembuhnya jadi nggak baik.

Namanya sunat itu bedah minor, ya berdarah sedikit itu wajar-wajar
saja, asal nggak terus berdarah-darah. Jangan nuntut tidak boleh
berdarah, nanti malah bikin dokternya terlalu khawatir, main tindakan
agresif,
jadi nekrosis, sembuhnya malah nggak baik.

(Jadi inget jaman Co-ass, dini hari ikut operasi senior bedah,
tugasnya pencet saklar electro-cauter sesuai aba-aba, pegang kassa,
pegang suction, setengah ngantuk, kena sikut dokternya sambil - maaf -
misuh:
Dancuk, aja turu le! dasar orang suroboyoan sudah biasa begitu ...)

> 4. apa itu sunat dengan cincin dan apa bisa dilakukan
> di rumah sakit?

Kalau ini Bu Lakhsmi yang tahu persis. Setahu saya, ini pakai "gelang
plastik", preputium diikatkan di sana, dibiarkan nekrosis alami, terus
lepas sendiri.

Kalau saya menyarankan Pak, mendhing pakai teknik standar/biasa
saja.Nggak banyak ribet dan pikiran.

Sedikit pesan: siapkan hadiah Pak buat putranya yang hendak dikhitan.

tonang

===============

Terimakasih dokter Tonang ...
Ini nambahin cerita soal pengalaman saja.
Selama ini sirkumsisi kalau mengerjakan di RS swasta, kebanyakan
pasien minta nya bius umum ;
pengerjaannya sih ga sampai setengah jam cuma pasien di tidurkan.
Ortunya juga tenang dan dokter yang ngerjakan juga nyaman, nyantai ..
Tapi kalau di RS swasta agak dipinggiran Jakarta , ortu malah
senengnya lokal .. rame-rame pada megangin
si anak. Ada yang megang tangan, kaki wah pokoknya seru .. kayak dikerubungin.
Trus si anak diem aja .. sepertinya sih bukan diem 'beneran', tapi
seperti sudah ada "perjanjian" sebelumnya
dirumah ... bahwa si anak di larang nangis dan rewel pada saat disirkumsisi.
Jadi diemnya sebenernya ga rela .. :) Ditangannya sianak megang uang 50-ribuan
trus keluarga yang lain ... ada yang mbawain tas kresek diisi minuman
kaleng, snack dan permen ada lagi
keluarga yang lain bawa mobil-mobilan ...
Setelah acara sunatan selesai, baru meledak tangisnya ... dan langsung
keluarga nya berhamburan menenangkan
pokoknya heboh ..
Buat saya sunat itu harusnya lokal, tapi pada keadaaan tertentu bisa juga umum.
Soal sunat laser, istilah ini sepertinya sunat yang tanpa benang, jadi
perdarahan dihentikan dengan cauter.
Soal sunat cincin, waktu didaerah banyak mengerjakan soal ini karena
pasiennya sendiri yang minta. Ngetopnya
sunat cincin ini sunat tanpa pisau.
Karena cuma modal dijepit dengan cincin saja. Penyembuhan akhirnya ga
begitu bagus .. agak kasar meskipun
akhirnya lama-lama jadi halus juga sih.
Enaknya sih pake metode yang seperti biasa saja. Pake pisau trus di
jahit dan rawat terbuka.
Persoalan bius umum atau lokal, kalau anaknya cukup kooperatif lokal
saja lebih baik, tapi kalau rewel sekali, "lasak"
dan ada indikasi medis yang dirasa menyulitkan jika dilakukan lokal
yaa umum saja ..
salam,
lakshmi