Dear all

di tengah maraknya info ttg bom, aku malah puyeng soal yayasan/penyalur dan
suster.
Numpang sharing yah mod sekalian mau minta masukan dari temen2.

1 Mei 2009 aku ambil suster dari penyalur Pak Sony Raden.
tadinya aku niatnya mau ambil mbak prt utk asuh anakku, tp adanya suster,
setelah interview tatap muka baik antara si suster - pak sony maupun saya
dan suami, akhirnya kita sepakat utk ambil.
Pada saat ambil tsb, kata pak sony, krn baju suster n sepatu belum ada stok,
nanti aja diantar ke rumah sekalian ada potongan gaji suster yg hrs disetor
ke pak sony. Saat itu suster dan pak sony debat mengenai uang potongan
mereka, awalnya sy ga gtu jelas. Saat mau pulang si suster ngomong lagi, pak
saya ga mau loh di potong banyak2, 400 aja.
Saya tanya uang apa seh, terus pak sony jawab, jd setiap kali suster masuk
ke majikan baru maka akan ada potongan berapa gtu...sy ga ingat.... Si
suster ngotot krn merasa dl uda setor pada pak sony dan lagi dia uda kerja
tahunan. Pak sony dalih bahwa itu kan majikan yg dulu, kalo kamu pindah
tempat yah sy minta lagi potongan selama brp bln. Suster td nya ngotot krn
dia kan ga pendidikan lagi, uda kerja tahunan, masa setiap ganti majikan
dipotong..... tp pak sony jg ngotot katanya di semua yayasan jakarta
ketentuannya adalah spt itu.
Saya dan suami seh tdk ikut campur. Saat pulangnya, kesepakatannya adalah
baju n sepatu suster akan diantar pak sony ke rumah kalau uda ada sekalian
ambil uang potongan sus tsb 400 (4 x 100 atau 2 x 200).

Uda, sus kerja. BBrp kali saya sempet tlp ke pak sony tanyakan baju n sepatu
krn sepatu sus uda rombeng banged, krn kasian...kalo pak sony ga bisa
sediakan sy belikan saja. Tapi dia bilang sdh diproses, nanti akan dianter.
Bsok2 sy tlp utk hal yg sama, dan jawaban nya jg sama, akan diantar.
Tp kenyataannya, sampai saat ini tdk ada baju n sepatu.

Pagi ini, pak sony sms saya, intinya, suster uda kerja 2 bulan, koq saya sbg
majikannya TIDAK KOOPERATIF transfer potongan suster yg Rp 250 rb sampai dia
harus hubungi saya.Dia tulis "mestinya mbak yg kooperatif potong langsung
transfer jadi tdk perlu pak sony tlp". Kesannya saya ga ada kesadaran
setor/tranfser ke dia.
Saya balas, loh kan terakhir pembicaraan dia akan ambil uangnya sekalian dia
kirim baju,wong sy tanyakan soal baju pak sony nya yg blg belum ada melulu,
koq jadi skrg sudutin saya kesannya saya yg ga tau diri.
Dibalas lagi ama dia, bhw dia sms sy bln juni mau antar baju tp sy ga bales.
Sy balas lg sms nya, sy ga terima sms pak sony,kalaupun dia sms dan tdk ada
balasan, knp ga telpon. emang dia telpon sy ? emang dia ingetin sy bh
uangnya itu akan diambail atau minta di transfer ? emang dia kasih no
rekening ke sy utk sy trf ?
sy jd mulai kesel, ini sebenernya urusan diapa seh, potonganya brp aja sy ga
tau.... wkt ngambil itu sy cuma tau admin 600 jaminan 6 bulan, baju dan
sepatu nanti akan disusul. soal potongan kan mereka snediri ngomong ber2
tanpa melibatkan saya, jd sy jg ga jelas maunya apa mereka.
Terus terus terus.... sms nya nyebelin...blg sy supersibuk lah ga balas sms
nya,

akhirnya sy pulang ke rumah,dan sy blg ke sus sy, kamu ngomong sndiri ke pak
sony, sy ga tau urusan uang kalian. akhirnya sy sambungin dan merka debat
be2, pembicaraan memanas, krn pak sony ngotot minta nya 4 x setoran @Rp.250
rb. suster blg, dia kan ga ikut pendidikan lagi, jd masa minta segitu. kalo
ikut pendidikan yah wajar minta potongan 1 jt. Pak sony blg itu utk
perlindungan suster. Suster blg, lah selama sy kerja jg bapak ga pernah
hubungi saya n tanya keadaan sy, si ibu (maksudnya saya) minta baju n speatu
aja bapak ga kabarin. Dia ga sanggup kalo dipotong 1 jt, kesanggupan dia
400rb. Pak sony nya marah, bla bla bla... katanya dia uda keluar ongkos sis
su jawa-jkt, juga belikan baju dan sepatu, emang baju dan sepatu gratis ???
Suster blg, lah kan bapak dpt 600rb dari Ibu Majikan, biasanya majikan ambil
suster uda dpt 2 stel baju dan 1 psg sepatu, ud atermasuk di uang admin itu
kan.
Pak sony dalih lagi, katanya si suster ini keluar jadi dia kan mesti cari
ganti ke majikan lama. Suster jawab, lah sy kan kerja disana uda 2 thn, skrg
si ibu Xmajikan lama dia kalo ambil org lagi kan si pak sony dpt lagi 600 rb
uang admin, dan pasti juga pak sony minta jg potongan ama si sus pekerja
baru ama ibu X.

Sy sempet blg di tengah pembicaraan mereka, saya biasanya ambil suster dr
yayasan, taunya bayar admin, jaminan sekian, plus uda dpt baju 2 stel n 1
pasang sepatu, mau itu sus pemula kek, pengalman kek, pasti uda disiapin dr
yayasan.
Pak sony blg, skrg dia minta dibayar baju n sepatu itu, emangnya gratis. Dia
sebut lagi susurh bayar sekian sekian, ongkos si sus jkt-jawa-jkt sekian...
Sy blg ama sus n pak sony, sy ga tau deh urusan kalian (walupun sy rasanya
ga tega juga si sus kesannya ditekan terus mengenai uang yg harus disetor).

Sus tetap ngotot krn pak sony minta ongkos ke jawa jg, yah uda, dia naikin
kesanggupannya jd 500rb uda abis itu jgn minta potongan lg ke dia. Pak sony
marah, yah uda klo maunya gtu, jgn nanti cari saya lagi, bla bla bla...
nanti dia akan ambil 500rb itu jam 2 ke kantor saya.
Pembicaraan di tlp tsb jg diputus bgitu aja oleh pak sony. Sy sambungin lagi
tlp utk pastikan yah, krn sy ga mau tar sy yg direibetin soal ini, pak sony
marah2 lalu putusin lagi tlp. di tlp lagi, ga mau diangkat.
yah uda, kita anggap mereka uda deal 500. dan sy balik lg ke kantor.

Di tengah jalan ke kantor, pak sony sms lagi : saya kepengen adu argumen
tapi saya penyedia jasa krn sy jg uda mengeluarkan biaya dan hd yayasan dr
potongan anak2 yg dikirim kerja. MAAF TDK  PERLU MENJAWAB YG TDK PENTING.

LOHHHHH, maksudnya apa sehhhhh ???? huhuhuhuhuhu, jd puyeng, knp saya yg
kena sehhhh ?
Suami blg ga uda diladenin. Yah uda sy balas hanya ksh alamat kantor dan sy
blg jam 2 siang yah pak, kalo uda sampai tlp saya saja.

HUahhhhhhhhhhhhhhhhh, beteeeee dehhhh (maaph yah jd kesel di milis)
sy jd binun...gimana yah baiknya.... klo gini caranya, jadi malesssss deh
lanjutin kontrak.... tar penyalurnya rese mati lah saya yg jd korban.
Si suster jg bukan yg kerja bagus2 bgt, kdg jg suka ngeselin cuman krn sy
tau skrg agak susah cario org yah uda sy sabar2in aja.
Curiga, jgn2 tar admin 6 bln, ga bakal dibantu atau malah dipersulit ama si
penyalur alias ga dikaish ganti,.
tapi kata suami, skian jg ama sus, uda diteken soal duit olehpenyalur, kalo
kita berhentikan jg kasian dia.
Tapi gimana yah, saya malesssssss bgt klo hubungan uda ga enak gini...
apalagi sy rasa sy ga ada salah apa2, koq sy di sudutin gtu ama si penyalur.

mhn masukan temen2 yah baiknya gimana yah ?
maaf jg klo dl sy pernah ksh info nama pak sony ini utk yg cari
prt/sus....maaaaffffff buanged, aku ga tau loh klo sifatnya bisa temperamen
bgitu...

thx bgt
cathy

Kirim email ke