dari http://www.cervicalscreen.health.gov.au/lote/indonesian.pdf

  Apakah Pap smear itu?
  Pap smear adalah suatu tes sederhana untuk memeriksa kesehatan leher
rahim (cervix) Anda. Tes tersebut hanya memerlukan waktu beberapa menit
saja dan tidak sakit.

  Tes tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi dan mencegah kanker
leher rahim.

  Mengapa perlu memeriksakan diri untuk Pap smear?
  Pap smear dapat memperlihatkan tanda-tanda peringatan dini adanya
kanker di leher rahim. Leher rahim Anda terdapat di dalam vagina, yang
merupakan pintu masuk ke dalam rahim (uterus) Anda. Kadang-kadang
sel-sel kecil leher rahim yang sehat dapat berubah menjadi tidak sehat
(abnormal). Hal ini terjadi tanpa Anda menyadarinya. Sel-sel yang
abnormal tersebut dapat ditangani oleh seorang dokter, jauh sebelum
menjadi kanker. Sampai 90% kanker leher rahim yang paling umum mungkin
dapat dicegah jika perubahan sel dini terdeteksi dan diobati.

  Siapa yang memerlukan Pap smear?
  Jika Anda sudah pernah melakukan hubungan seks, Anda harus
memeriksakan diri untuk Pap smear setiap 2 tahun. Para wanita harus
memeriksakan diri secara teratur sampai dengan usia 70 tahun.

  Bagaimana pelaksanaan Pap smear tersebut?
  Pertama-tama dokter akan meminta Anda membuka pakaian dari pinggang ke
bawah dan berbaring telentang untuk pemeriksaan tersebut. Kemudian
dokter akan mempergunakan sebuah spekulum (alat medis) untuk membuka
vagina. Dengan hati-hati dokter akan mengambil beberapa sel dari leher
rahim Anda dengan mengusapkan sebuah sikat kecil atau spatula (semacam
sendok plastik atau kayu). Sel-sel kemudian dioleskan pada kaca preparat
dan dikirim ke laboratorium di mana sel-sel tersebut akan diperiksa di
bawah mikroskop.

  Bagaimana hasilnya?
  Ketika Anda melakukan Pap smear, penting bahwa Anda bertanya kepada
dokter Anda kapan dan bagaimana Anda akan dapat mengetahui hasilnya.
Hasilnya kebanyakan normal.

  Bagaimana jika hasilnya tidak normal?
  Jika hasilnya ternyata tidak normal, hal ini tidak selalu berarti Anda
terkena kanker. Ini mungkin menandakan bahwa Anda menderita sakit ringan
yang dapat ditangani oleh dokter. Penting bahwa Anda membicarakan dengan
dokter Anda tentang hasil tes dan perawatan yang sebaiknya Anda lakukan.

  Selanjutnya apa yang akan terjadi?
  Kadang-kadang ada wanita yang memerlukan lebih sering Pap smear dan
ada juga yang memerlukan seorang dokter spesialis. Karena jika ada
sel-sel yang tidak sehat, sel-sel tersebut dapat diobati. Pastikan bahwa
Anda membicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan yang terbaik bagi
Anda.

  Saya telah mengalami menopause, apakah saya masih memerlukan Pap
smear?
  Ya, risiko terserang kanker pada leher rahim akan lebih tinggi
bersamaan dengan meningkatnya usia Anda sehingga sangat penting untuk
selalu melakukan pemeriksaan Pap smear setiap dua tahun bahkan setelah
menopause.

  Saya baru saja operasi histerektomi (angkat rahim), apakah saya masih
memerlukan Pap smear?
  Anda mungkin masih memerlukan Pap smear. Bicarakanlah hal ini dengan
dokter Anda.

  Saya mengalami pendarahan yang tidak biasa (abnormal)

  Jika Anda mengalami pendarahan yang tidak biasa atau cairan yang
keluar dari vagina, periksakanlah kepada dokter secepatnya.

  Berapakah biaya pemeriksaan Pap smear?

  Ada dokter, klinik dan pusat kesehatan yang menyediakan Pap smear
tanpa biaya, namun ada juga yang memungut biaya. Tanyakanlah

  biayanya sebelum membuat janji. Pilihlah tempat yang paling nyaman
bagi Anda dan yang biayanya terjangkau.

  Saya tidak ingat kapan terakhir saya memeriksakan diri untuk Pap
smear.

  Dokter atau klinik kesehatan Anda biasanya akan mengingatkan Anda jika
saatnya tiba bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan Pap smear lagi.
Setiap negara bagian dan wilayah juga mempunyai daftar hasil Pap smear
yang disimpan rapi, di mana kerahasiaannya dilindungi oleh
undang-undang. Daftar ini akan mengingatkan kapan Anda harus menjalani
Pap smear lagi atau pengobatan selanjutnya. Jika Anda berkeberatan
informasi Anda dicatat pada daftar, beritahukanlah hal itu kepada
dokter.

  Di manakah saya dapat memeriksakan Pap smear?

  Kebanyakan wanita merasa malu memeriksakan diri untuk Pap smear. Hal
ini dapat diatasi jika Anda memilih dokter Anda dan tempat yang cocok
bagi Anda. Buatlah janji dengan dokter, perawat atau klinik keluarga
berencana di daerah Anda di mana dapat juga diminta seorang dokter
wanita untuk melakukan pemeriksaan Pap smear. Apabila Anda menginginkan
kehadiran seorang interpreter (juru bahasa), beritahukan hal ini ketika
membuat janji.

  www.cervicalscreen.health.gov.au

  A joint Australian Government & State/Territory Health initiative