Yak setuju dengan Mbak Ira.

Yang pertama, upaya maksimal..

Sebaiknya dikomunikasikan antara orang tua dan neneknya.
Sepertinya ada perbedaan pandangan dalam mendidik anak. Yang mungkin memang
tidak disadari.
Bahwa anak punya perilaku yang dianggap buruk oleh orang tua yaitu a, b, c,
d..
Dan menurut orang tua, perilaku buruk tersebut disebabkan karena a, b, c,
d..
Dan menurut orang tua, hal tersebut bisa diperbaiki dengan a, b, c, d..
Untuk itu, disepakati a, b, c, d..

Misalnya.. menurut ortu anak ini boros.. dilihat dari dia sering beli hal2
yang sebenarnya tidak perlu.. mungkin hal ini disebabkan karena dia merasa
sering dapat uang dari siapa saja.. untuk memperbaiki, harus dibatasi uang
yang diberikan.. dan di luar itu, jangan diberikan sama sekali..

Dan seterusnya untuk berbagai perilaku buruknya..

Hal ini perlu disepakati secara jelas.. Karena bisa jadi menurut ortu hal
itu buruk, menurut nenek biasa saja.. Atau bahkan baik..

Dan setelah ortu dan nenek sepakat, sebaiknya bicara bertiga, dengan anaknya
juga, hasil kesepakatan tadi..

Yang kedua, yang paling penting, yang mungkin juga sudah dilakukan, yaitu
orang tua berdoa.. Tetap berdoa, semoga Tuhan memudahkan..
Dan anaknya juga diminta untuk dekat dengan Tuhan, karena sifat2 buruknya
pada dasarnya juga bertentangan dengan agama. Kalau dia dekat dengan Tuhan,
mudah2an dia sadar sendiri bahwa perilakunya salah.

Demikian ya Mbak.. Semoga bisa membantu yaa..