Kelenjar getah bening tuh :-)
biasanya 'membengkak' klo anak sedang terinfeksi sesuatu..

Lengkapnya baca artikel dari milis wrm di bawah ini ya..;-)

Apa itu kelenjar getah bening?. Berikut ini artikel yang membahas tentang
kelenjar getah bening yang di tulis oleh Dr.
Sukma W. Merati, Sp.PA secara detail. Semoga artikel ini berguna bagi
mommies.

BENJOLAN DI LEHER DAN TEMPAT-TEMPAT LAINNYA
Oleh: Dr. Sukma W. Merati, Sp.PA
. Apa sebenarnya benjolan tersebut?
. Apa itu kelenjar getah ?

. Apa sebenarnya benjolan tersebut?
Umumnya berupa kelenjar getah bening yang membengkak

. Apa itu kelenjar getah ?
Kalau diumpamakan sama dengan pabrik sel-sel darah putih. Dan sel darah
putih itu tugasnya sama seperti "tentara"
yang menjaga tubuh kita dari serangan musuh, yaitu penyebab penyakit.
Penyebab penyakit dapat berupa : kuman,
parasit, virus dan kanker yang lebih biasa menyerang orang dewasa.

. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?
Pembengkakan merupakan reaksi tubuh manusia untuk memperbanyak sel darah
putih yang akan menghadang
penyebab penyakit.

. Apakah reaksi setiap orang sama, terhadap masuknya kuman, virus, dll ke
dalam tubuh?
Sama, dalam arti setiap orang akan mengalami pembengkakan kelenjar getah
bening, yang berbeda hanyalah kwalitas
atau intensitasnya :
- Ada yang bengkaknya sedikit
- Ada yang bengkaknya banyak

. Apa yang membedakan reaksi tersebut?
Yaitu status atau keadaan daya tahan tubuh masing-masing orang terhadap
masuknya penyebab penyakit:
- Ada yang daya tahan tubuhnya lemah
- Ada yang daya tahan tubuhnya kuat.

. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat, apa yang harus dilakukan?
- Yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi
- Pola hidup yang sehat
- Istirahat yang cukup
- Lingkungan yang sehat/bersih
- Berati bila gizi sesorang bagus, maka reaksi pembengkakan akan lebih
dibandingkan dengan gizi buruk? Ya, sehingga
dapat diperkirakan benjolan pada anak bergizi baik akan lebih besar
dibandingkan anak bergizi buruk.

. Selain leher, tempat-tempat lain yang sering membengkak membentuk suatu
benjolan?
Belakang telinga, di bawah rahang, di atas tulang selangka atau disebut
supraclavicula, ketiak, lipat paha, payu dara,
buah zakar/alat genital pria, dll.

. Apa saja kemungkinan kelainan di tempat-tempat tersebut?
- Peradangan infeksi
We R Mommies | WRM Indonesia
http://wrm-indonesia.org We R Mommies Indonesia! Generated: 9 September,
2009, 11:57
- Tumor jinak / ganas
- Organ / alat tubuh yang salah tempat : mamma aberrant, thyroid aberrant
- Timbunan cairan setempat : hydrocele
- Timbunan zat tanduk setempat : kista atherome
- Tergelincirnya alat tubuh ke dalam rongga yang bukan tempatnya : hernia
- Dll.

. Untuk memastikan apa benjolan itu sebenarnya, dilakukan pemeriksaan apa?
- Ada dua cara, yaitu : dilakukan biopsi operasi, atau biopsi aspirasi jarum
halus(FNAB)
- Yang populer saat ini adalah prosedur biopsi aspirasi jarum halus (FNAB)

. Apa itu biopsi aspirasi jarum halus (FNAB)?
Adalah pengambilan contoh jaringan dengan jarum halus, untuk diperiksa di
bawah mikroskop. Jadi bukan pengambilan
darah, seperti yang banyak diduga selama ini.

. Berapa waktu yang diperlukan untuk memperoleh diagnosis?
Seluruh proses, sejak pulasan sampai dilihat di bawah mikroskop memerlukan
waktu hanya 1 (satu) jam, setelah sampel
didapat.

. Apakah prosedur biopsi aspirasi tsb menyakitkan?
Ada rasa sakit, tapi sebatas tusukan jarum atau seperti digigit semut.
Karena sebelumnya penderita diberikan anestesi
lokal / penghilang rasa sakit setempat.

. Dimana prosedur biopsi aspirasi jarum halus dapat dikerjakan?
Di beberapa sentra kesehatan, termasuk RSAB "Harapan Kita", Bagian atologi
Anatomik.

. Berapa biaya biopsi aspirasi jarum halus di RSAB "Harapan Kita"?
Terjangkau,dan sangat kompetitif, dibandingkan sentra lain.

. Kapan pemeriksaan biopsi aspirasi jarum halus sebaiknya dilakukan?
Segera setelah diketahui adanya benjolan /pembengkakan. Karena prinsip:
makin awal diketahui diagnosisnya, makin
baik prognosisnya, dan berlaku untuk semua penyebab : infeksi, tumor jinak /
ganas, dan kelainan-kelainan lain.

. Dengan berjalannya waktu, benjolan itu akan tumbuh makin lama makin besar.

. Jadi makin cepat tindakan dilakukan, makin baik dampaknya terhadap
penderita. (WRM/SA)
We R Mommies | WRM Indonesia
http://

--