Hi mbak Yuli,

Bisa juga menggunakan 'tool' dalam menghitung BMI khusus untuk anak dan
remaja.  Salah satu info lengkapnya bisa di-search di websitenya Center for
Disease Control and Prevention (CDC):
http://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/
Ada 'kalkulator' untuk menghitungnya dan bisa juga menggunakan data yang
menganut sistem metrik ('kg' untuk berat badan dan 'cm' untuk tinggi badan).

Kelihatannya - khusus untuk anak anak - selain menghitung BMI menggunakan
rumus BMI (yang umum digunakan orang dewasa), juga di-plot dalam grafik
untuk tahu percentile range nya - baru kemudian bisa disimpulkan apakah
'healthy weight' atau bukan :)

Sementara itu, mungkin tetap upayakan exercise teratur dan menu dietnya
sehari-hari.  Dari info lain yang sempat saya baca tentang exercise yang
dibutuhkan anak2: AAP (American Academy of Pediatrics) merekomendasikan agar
anak2 'physically active'  at least 60 menit  per hari.  Pastinya aktivitas
ini nggak harus  'berbau'  sport saja, bisa disesuaikan dengan hobby dan
sarana yang ada.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

2009/9/9 herman sampurno <beruang1...@yahoo.co.id>

> Mbak Yuli,
>
> untuk mengukur index massa tubuh biasanya pake rumus :berat badan (kilo
> gram) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (meter). Indeks massa tubuh diatas
> 25 termasuk berat badan berlebih, dan diatas 30 termasuk obesitas.

Kirim email ke