Sharing juga nich maaf kalau tidak membantu...

saya baru 3 bulan tinggal di paris awalnya sempat kaget dengan anak sini yang
langsing2 sekali. kalau di indonesia pasti sudah dibilang kurang gizi karena
anak indo memang gendut-gendut ya...sesuatu yang baru saya sadari disini.

awal2 datang kalau main di taman anak saya jadi paling gendut. padahal
sebetulnya dia nggak gemuk2 amat berat 19kg dengan tinggi 98cm. waktu konsul ke
dokter disini memang dia bilang anak saya sedikit gemuk pasti karena makan nasi
3 kali sehari ya...sebaiknya nasi ya satu kali sehari saja....begitu sarannya
dia.

sebagai perbandingan saja, disini anak memang nggak boleh gendut, kalau gendut
malah disekolah dan oleh dokter harus diet. jadi nggak ada istilah kasihan
nyuruh anak diet...malah kasihan kalo anak gendut rentan dengan berbagai
penyakit....

ada teman yang sudah lama disini dan anaknya besar disini merasa anaknya
terlalu kurus, menurut aku yang biasa ngeliat anak2 indo kebanyakan memang
anaknya kurus. nah dia konsul ke dokter minta vitamin untuk naikin berat badan,
eh yang ada ibunya malah diomelin karena anaknya dibilang sehat kok dan sama
sekali tidak perlu vitamin... saya sich encourage untuk dietin anak ya
bu...dietin dalam artian membenahi komposisi makanannya....jangan banyak manis2
dan terlalu banyak nasi.

salam,