Hi mbak Risma,

Wah, saya juga punya rencana ngajak anak2 naik KA 'betulan' bulan depan :)
Kalau nggak salah memang ada terowongan di rute Jkt-Bdg (maklum, terakhir
naik KA ke Bandung tahun '99 - _Cipularang_ toll jadi the best option
soalnya ;))

Kalau hanya 3-4 jam an di Bandung, apalagi kalau weekend, memang lebih baik
spend the time seputar daerah stasiun Bandung.  Selain _Paskal Hyper Square_
yang ada tempat untuk main anak2, FO dan ada juga foodcourts nya, kalau mau
jauhan sedikit dari Stasiun (Jl. Kb. Kawung), mungkin bisa mampir ke daerah
_Braga_ bisa wisata kuliner and motret2 bangunan/interior jaman dulu. Kalau
memang sempat ke daerah Braga, mungkin sekalian mau mampir sebentar di
gedung _Asia Afrika_, siapa tahu anak2 suka dan ada yang mau 'diintip' dalam
waktu singkat :)

Kalau trip-nya masih ingin bernuansa 'kereta api', mungkin bisa minta
further info waktu sampai di stasiun Bandung, siapa tahu ada 'balai' atau
'tempat khusus' untuk umum yang bisa dikunjungi untuk tahu sejarah
perkereta-apian.  Asumsi saya, kantor pusat KA di Bandung yang lokasinya
juga nggak jauh dari stasiun mungkin juga mungkin menyediakan fasilitas
seperti ini.  At least ada monumen mini-loko nya di ujung jl. Stasiun Timur
nya.

Selain taxi, angkot di Bandung (khususnya yang lewat rute Stasiun --
biasanya disebut rute: St.Hall - xxx, nggak pakai nomor kayak di Jkt) cukup
banyak dan bervariasi.
Boleh juga dicoba untuk selingan buat anak2.

Kalau nggak salah mungkin masih ada angkot jurusan _St.Hall - Dago_ .  Kalau
cuaca memungkinkan, mood anak2 juga memungkinkan, bisa juga coba angkot ini
terus ke arah Dago Utara. Walau lebih banyak pemandangan FO nantinya, di
daerah Bukit Dago Utaranya lumayan sejuk dengan anginnya yang segar dan
mungkin bisa ends up di _Dago Tea House_ atau resto lainnya sambil lihat2
panorama kota Bandung.  Pulangnya tinggal cari angkot yang menuju Stasiun,
beli oleh2 .... pulang deh ke Jakarta :)

selamat 'berkereta-api' ria untuk F & f ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke