Hi mbak Ika,

hehe ... sedikit 'tergelitik' dengan kutipan e-mail mbak di bawah ini:
" ... bener2 pengalaman pertama, untung gejala seperti itu ndak lama
meskipun berulang tapi nggak sampe parah." ...

Make sure kalau ini bukan menggigil (karena demam tinggi), ya mbak. Karena
kejang demam berhubungan juga dengan si kecil kehilangan kesadaran beberapa
waktu.

Kalau memang betul2 kejang demam, mungkin perlu sedikit dicermati dengan
kejadian 'kejang demam berulang' seperti yang sudah mbak alami.
Seperti yang sudah di-shared jeng Intan, kelihatannya memang 'menakutkan',
tapi kejang demam termasuk lumrah untuk anak2.

Tapi yang perlu jadi catatan: kalau kejang demam berulang dalam jangka waktu
24 jam setelah demam (yang biasanya demam tinggi) sudah bukan lagi termasuk
kategori 'simple febrile seizure' tapi sudah kategori kompleks.

Dari beberapa info yang pernah saya baca, ada kemungkinan anak mengalami
kejang demam kembali (berulang) di lain waktu kalau kejang demam pertama
dialami umur sekian belas bulan (15 bulan kalau nggak salah).  Apalagi kalau
ditambah faktor lain: kalau ada history di keluarga besar yang masa kecilnya
juga pernah/suka ngalamin kejang demam.
But don't worry, seiiring dengan bertambah usianya, kejadian kejang demam
akan berangsur hilang karena tubuh anak (something related to their brain)
bisa mengatasinya :)

So, kalau sudah pernah punya pengalaman anak kejang demam, panduan untuk
home-treatmentnya sangat perlu, mbak :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke