Hi mbak Mira,

Iya, kalau refer to salah satu link:
http://www.mayoclinic.com/health/precocious-puberty/DS00883

Pubertas dini untuk anak perempuan: di bawah umur 8 tahun, untuk anak
laki-laki: di bawah umur 9 tahun.  So, kelihatannya anaknya teman mbak masih
masuk kategori normal.
Kondisi pubertas dini, selain dari gejala2 puber yang tampak (haid, bulu di
badan, payudara membesar, dll.) harus ditegakkan juga dengan test penunjang
medis semacam test hormon dan X-Ray untuk mengetahui usia tulang.

Faktor resiko mengalami pubertas dini memang salah satunya karena anak
mengalami obesitas dan ter-ekspos sex-hormon dan lebih cenderung ke anak
perempuan.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke