From: LUSIKA Yuliana <uci.lus...@gmail.com>
Subject: [balita-anda] ARTIKEL tahi lalat di mata (was) mata merah
To: balita-anda@balita-anda.com
Date: Tuesday, October 27, 2009, 3:21 AM

<http://forum.dudung.net/index.php?PHPSESSID=16bc5018ac33b894cba9ace4aeb18530&topic=13428.msg180155#msg180155>

*waspadai tahi lalat
dimata<http://forum.dudung.net/index.php?PHPSESSID=16bc5018ac33b894cba9ace4aeb18530&topic=13428.msg180155#msg180155>
*

« *pada:* Desember 03, 2008, 07:01:55 pm »

  ------------------------------

Bisa Tumor Jinak atau Ganas
Setiap menatap cer-min, Maya (18) selalu tertegun lama. Yang aneh, siswa
salah satu SMU di Kota Jambi ini  bukan menatap wajahnya, tapi menatap bola
matanya. Pada indra penglihatannya itu, terdapat tahi lalat yang tumbuh di
bagian tubuh umumnya, warnanya hitam dan berbentuk bulat.

Yang mencemaskan, tahi lalat itu semakin lama semakin besar dan mengganggu
penglihatannya. Keadaan ini benar-benar membuat Maya cemas. Apakah tahi
lalat ini memba-hayakan? Apakah ia akan mengalami kebutaan karena tahi lalat
itu?

Menurut Dr Kuswaya Waslan SpM, Ka SMF
Spesialis mata Rumah Sakit Raden Mattaher (RSRM) Jambi, setiap tahi lalat
atau nevus pigmentosus pada mata harus diwaspadai. Tahi lalat pada mata ini
adalah tumor, bisa jinak dan bisa juga ganas, yang terdiri dari sel-sel yang
menghasilkan pi-gmen melanin, bisa di konjungtiva, iris, atau di khoroid.

“Khusus kali ini seperti yang dialami Maya, saya hanya akan membahas
tentang  nevus pigmentosus pada konjungtiva,” ujarnya. Menurut Kuswaya,
ne-vus pigmentosus pa-da konjungtiva dapat dibagi dalam beberapa bagian,
yakni melanosis kongenital yang jinak, nevus yang jinak, melanosis didapat
pri-mer, melanoma in situ dan melanoma.

Yang dimaksud dengan melanosis congenital
jinak, kata Kuswaya, adalah meningkatnya produksi pimgen melanin dengan
distribusi yang normal sekitar sel epitel konjungtiva. Pada kasus ini,
terlihat tu-mpukan atau bercak–bercak berwarna kecok-elat-cokelatan tanpa
penebalan dan vaskularitas yang meningkat. Lesi ini biasanya sekitar limbus
di daerah interpalpebra. Istimewanya, biasanya penderita tidak ada keluhan.

Sedangkan nevus ya-ng jinak,  biasa terdapat di daerah interpalpebra dari
limbus sampan karunkula, tetapi bisa di mana saja di konjungtiva palpebra
atau pinggir kelopak mata. “Khusus pada kasus ini, biasanya lebih banyak
muncul  pada usia lebih dari 20 tahun,” ujarnya.

Nevus, kata dia, dibedakan atas nevus yang berasal dari daerah basal epitel
dan jaringan stroma bagian dalam. Nevus yang berasal dari basal epitel
tampak sebagai junctional nevus, compound nevus dan stroma nevus, sedangkan
nevus yang berasal dari stroma ba-gian dalam tampak sebagai melanosis okuli
atau blue nevus atau nevus of Ota, Dijelaskan, penderita dengan nevus of Ota
akan meningkat resiko terjadinya melanoma uveal, sehingga memerlukan
pemeriksaan ya-ng teratur untuk memantaunya. Melanosis didapat primer dan
melonoma in situ merupakan  precancerous.

Bagi penderita ya-ng dinyatakan tahi lalat di matanya adalah melanoma,
lanjut dia, harus lebih waspada. Pasalnya, melanoma adalah suatu tumor
ganas. “Tumor ini biasanya tumbuh pada daerah limbus atau ka-runkula. Tumor
yang berasal dari karunkula sering me-njalar atau berinvasi ke daerah kornea
atau orbita. Jadi, harus waspada dan segera mendapatkan tindakan medis
dengan cepat,” pungkasnya.(*)

sumber:
http://www.jambi-independent.co.id