From: melisa oktavia [mailto:melisaokta...@gmail.com]
Sent: Tuesday, November 10, 2009 3:24 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Anakku muntah dan ga mau makan

Mbak,

Coba obeservasi aja dulu. Lihat beberapa hari lagi apa semakin parah ada
sudah semakin membaik.
Yang harus diperhatikan, Zidan jangan sampai kekurangan carian/
dehidrasi.
Istirahat cukup, kurangin kegiatan fisik yang berlebihan. Feeling saya
sih hanya flu biasa, soalnya anak saya Max (6 thn) sering banget pas flu
dibarengin dengan mual dan muntah.

Berikan cairan, bisa jus atau sup hangat dalam porsi kecil 2-3 suap,
tapi sering. Ini untuk mencegah supaya gak mual. Gak mau makan gak papa,
karena pasti gak selera makan. Yang penting cairannya aja Mbak.

Vometa itu untuk menekan rasa mual. Kalau enggak perlu sekali (misal
karena air putih pun udah gak masuk sama sekali), baru diberikan. Karena
vometa bukannya tanpa efek samping ya mbak. Beberapa kondisi (seperti
keracunan
makanan) membutuhkan reflek muntah untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Lalu, untuk soal badan kurusnya.
Ada yang namanya growth chart pertambahan BB dan TB anak (di buku
kesehatannya biasanya ada). Coba diplot TB dan BB nya. Kalau masih dalam
presentil normal, perkembangan motorik dll nya bagus, saya rasa sih
enggak perlu khawatir. Tapi usia Zidan berapa mbak? Anak diatas usia 1
tahun harus sudah mulai terbiasa makan padat dan mengurangi susu. Lemak
yang dibutuhkan tubuh, lebih baik didapat dari makanannya, bukan dari
susu. Anak juga dibiasakan memiliki kebiasan makan yang baik, bukan
mengenyangkan perutnya lewat susu.

Salam,
melisa

On 11/10/09, Sisnawati, Euis <sisna...@mattel.com> wrote:

> Dear smart Parent ,
> Mohon sharenya dong ,,,,Anakku zidan sudah dua hari ini stiap kali
> habis makan or minum susu ,selang beberapa menit langsung muntah,,,,
> Dia bilang perutnya sakit juga ,, belum di bawa ke dokter sih semalem
> tlp DSA nya di suruh minum vometa aja dulu (apakah perlu ya?) Minum
> susunya kuat ,,tapi badannya tetep kurus ya ,
>
> Di tunggu sharenya ya moms,,,,
>
> Mom'nya zidan n Sirril

Melisa