From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
Date: Mon, 16 Nov 2009 15:22:29
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] H E L P ! ! !
Hi mbak Susan,

Selamat untuk kelahiran keponakannya ya, mbak :)

Seperti yang di-shared jeng Intan, mungkin antisipasi atau treatment apa pun
yang sedang/akan dipilih untuk kondisi si kecil benar2 di bawah pengetahuan
dan pengawasan dokter anak (dan tim-nya) yang sudah menangani si kecil sejak
dia lahir.

Mungkin bisa dikonsultasikan dulu, apakah bercak hitam tsb. masih kategori
'birth-mark' atau kelainan pigmen kulit atau ada resiko lebih serius dari
itu.  Saya rasa, point seperti ini yang lebih dahulu dipikirkan, lebih fokus
kepada treatment awal kalau pun memang bercak tsb. berpengaruh pada fungsi
organ atau sarana vital lainnya untuk si kecil bisa tumbuh dan berkembang.

Karena usianya yang baru berbilang 2 harian, observasi untuk bercak hitam
itu kelihatannya jadi bagian dari pekerjaan DSA yang menangani si kecil, apa
membesar atau tidak, berbahaya atau tidak, dll.  Mungkin observasi seperti
ini tidak bisa juga singkat.  Kalau masih kategori 'birth-mark' kadang
memang 'time' yang diperlukan untuk bercak bisa semakin memudar.  Kecuali
memang ada indikasi lain, mis. karena bercak tidak 'flat' tapi menggelembung
atau membesar (tumbuh) mungkin perlu rekomendasi medis lainnya.

Yang perlu, menurut saya, make sure bahwa kondisi seperti ini at least
diketahui penyebabnya apa, rencana treatment apa yang diperlukan, dll.
melalui penjelasan rinci DSA yang menangani  si kecil karena ini yang jadi
'tugas' beliau - sebelum ibu dan anak discharged dari RS.

Point lain juga, dampingi sang ibu dan encourage dia untuk masuk tahap
amazing lainnya, menyusui bayinya.  Kalau memang sejauh ini baby sehat dan
normal, tidak ada indikasi serius apa pun menyangkut bercak hitam di kulit
si kecil, ada baiknya memberi sang ibu 'space' untuk menyambut buah hatinya
dengan caranya sendiri yang spesial :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke