Hi mbak Indah,

Kelihatannya istilah Hypercholesterolemia adalah istilah medis untuk level
kolesterol yang tinggi dalam darah.  Jadi mbak bisa search info dengan
keywords 'kolesterol tinggi' -- banyak sekali tautan yang bahas issue ini
mulai dari penyebab sampai treatment-nya.

Istilah itu sendiri bukan merujuk ke suatu penyakit, tapi gangguan metabolis
yang bisa jadi penyebab penyakit lainnya, umumnya yang menyangkut gangguan
organ jantung.

Salah satu link yang tadi sempat saya baca:

http://www.cardiologychannel.com/hypercholesterolemia/causes.shtml
menyebutkan kalau banyak faktor penyebab kondisi ini, di antaranya
hipertensi (ini mungkin yang jadi 'trigger' di kasus suami mbak), obestitas,
genetis (ada sejarah penyakit jantung di usia muda dalam keluarga), merokok,
dan high intake makanan yang berlemak tinggi.

Treatment-nya sendiri tergantung dari level profil lemak mana yang tinggi
(total kolesterol, HDL, LDL dan trigliserida) - yang asumsi saya pasti ada
dalam hasil MCU suami mbak.

Umumnya memang dilakukan treatment untuk menurunkan kadar LDL (lemak 'jahat)
dalam tubuh.  Caranya dengan kembali ke basic rule: perubahan lifestyle (yes
... kembali ke diet makanan, exercise dan penurunan berat badan yang sehat
:)).

Ada juga yang akhirnya harus menempuh terapi pengobatan - yang pastinya
harus dikonsultasikan dengan dokter untuk dosis, lama treatment dan
antisipasi efek samping pengobatannya.

Kalau memang saat ini nggak ada indikasi serius (dokter yang menganalisa
hasil MCU suami mbak nggak segera menjadwalkan treatment or test penunjang
ini itu) ... mungkin hubby kembali diajak 'terapi - non obat' yang murah dan
sehat: diet dan olah raga teratur :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>