Dear mba Feby..

Kebetulan aku minggu kemarin baca tabloid Nova, menurut Dr. Dario Turk, SPOG
(Dokter Kandungan Inul Darasista):
Idealnya USG dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu
(1) pada usia kehamilan 12-13 minggu (untuk trimester pertama) untuk akurasi
deteksi kelainan kromosom seperti *down syndrome*, saat itu sedang
tinggi-tingginya, mencapai 80-85 persen. Kalau dilakukan pada usia kehamilan
20-22 minggu, akurasi itu sudah turun. Dengan USG 4 dimensi, kelainan
jantung mayor, bibir sumbing, organ dalam, ketebalan leher lebih dari 2,5
mm, bahkan jenis kelamin bayi sudah bisa diketahui pada usia ini.

(2) Pada trimester kedua usia kehamilan 21-22 minggu, untuk melihat detail
jantung, kelainan jantung, jantung bocor dan sebagainya. Kalau usia bayi
lebih besar dari itu, tulang sudah terbentuk sehingga “jendela” untuk
memeriksa jantung tidak seterang pada usia 22 minggu.
(3) Pada trimester ketiga untuk melihat apakah ada kelainan pada pertumbuhan
janin, misalnya berat badan, berat lahir, letak plasenta, jumlah air
ketuban, hidrosefalus, dan sebagainya.

Best Regards
Bunda Fadh

Kirim email ke