sore bu santi,
mo nambain

karena rash atau bintik2 timbul setelah panas/ demam turun mungkin anak ibu
kena roseola dan penyebabnya virus. .

karena virus obatnya tidak ada, hanya daya tahan tubuh yg bisa nyembuhin (
self limiting disease )

semoga anak ibu lekas sembuh

Arief H

berikut artikelnya

NAMA

*Roseola Infantum*

 DEFINISI

Roseola Infantum adalah suatu penyakit virus menular pada bayi atau
anak-anak yang sangat muda, yang menyebabkan ruam dan demam tinggi.

Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan - 3 tahun.

 PENYEBAB

*Penyebabnya adalah virus herpes tipe 6 dan 7.*

Virus disebarkan melalui percikan ludah penderita.

Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah
sekitar 5-15 hari.

Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

 GEJALA

Demam timbul secara tiba-tiba, mencapai 39,4-40,6° Celsius dan berlangsung
selama 3-5 hari. Meskipun demam tinggi, tetapi anak tetap sadar dan aktif.

Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita mengalami kejang demam
(kejang akibat demam tinggi).

Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher
sebelah samping dan di belakang telinga.

Limpa juga agak membesar.

Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.

 Sekitar 30% anak memiliki ruam (kemerahan di kulit), yang mendatar maupun
menonjol, terutama di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, dan
tungkai.

 Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa jam
sampai 2 hari.

 DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

 PENGOBATAN

Untuk menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen. Kepada anak-anak tidak
boleh diberikan aspirin karena bisa menyebabkan sindroma Reye.

Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang telah
dibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan menggunakan es batu, air
dingin, alkohol maupun kipas angin.

 Usahakan agar anak minum banyak air putih atau potongan-potongan es
batu,rutan elektrolit atau kaldu. Selama demam, sebaiknya anak menjalani
tirah baring.

 Lebih lengkap tentang roseola, silahkan klik

www.mayoclinic.com/invoke.cfm?id=DS00452