Mbak Eti..

Obat penurun panas sifatnya kan hanya menurunkan demam sepersekian derajat
dan untuk menyamankan si anak..
Selama kuman masih terinfeksi di dalam tubuh anak maka demam masih ada..
INGAT demam kansbg alarm tubuh melawan infeksi..bahkan bil ainfeksinya krn
virus rata2 demamnya bisa sampai tinggi...krn virusnya akan mati pd suhu
tinggi..

Idealnya obat penurun panas digunakan bila
- anak demam > 38,3 der..rewel..susah ditenangkan..

bila anak2nya masih lincah,..masih mau makan seperti biasa.. blum perlu
penurun panas.. biarkan metabolisme tubuhnya bekerja melawan infeksi kuman..

Kapan waktunya ke dokter?
bayi usia 6 bulan atau lebih),  bila suhunya mendekati 40°C. Pada bayi yang
lebih muda, dianjurkan untuk menghubungi dokter bila suhunya 38°C
atau lebih.

* Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh ³ 38°C
* Bila bayi berusia 3 - 6 bulan dengan suhu tubuh ³ 38.5°C
* Bayi dan anak berusia > 6 bulan, dengan suhu tubuh ³ 40°C

Selain tingginya suhu tubuh, dokter juga perlu dihubungi pada beberapa
kondisi berikut ini:

* Apabila kondisi anak memburuk
* Demam sudah berlangsung 72 jam
* Susah minum atau tidak mau minum atau sudah mengalami dehidrasi
* Rewel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan
* Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)
* Kejang atau kaku kuduk leher
* Sakit kepala hebat yang menetap
* Sesak napas
* Muntah, diare terus-menerus