Ini maksudnya Bartholin atau Bantholin ya ?
saya juga baru denger ..
Hasil search di google..

Bartholin cyst adalah tersumbatnya saluran lubrikasi pada vagina atau
membesarnya muara saluran lubrikasi, yg berakibat tdk keluarnya cairan
lubrikasi yg mestinya keluar (perempuan yg belum 40thn).
Kondisi ini disebabkan oleh adanya bakteri, yg antara lain adalah
E-coli, kuman / bakteri penyakit kelamin dll; atau pembesaran jaringan
kulit yg apda akirnya menutup saluran kelauar caiaran sehingga tersumbat
dan membesar.
Bila ybs diatas 40thn, maka dimungkinkan terjadinya pembesaran jaringan
disekitarnya yg disebabkan oleh tumor.

*Perbaikan:*
Perbaikan dilakukan dg memperbaiki infeksi yg terjadi bila pembengkakan
disebabkan oleh adanya infeksi (<40thn)
tentu saja perbaikan ini perlu melihat apa2 saja faktor pembentukannya,
apakah karena bakteri yg disebakan oleh internal, atau oleh external
tubuhnya sendiri, kenapa terjadi perpindahan /perbanyakan bakteri
tersebut dll faktor yg menunjangnya.
faktor2 kebersihan organ ini, faktor2 kekebalan tubuh perlu ditingkatkan.
Dlm kehamilan tentu saja berpengaruh, karena dlm kehamilan diperlukan
unsur2 kekebalan tubuh yg prima, jadi kalau penyebabnya adalah faktor
kekebalan maka unsur kekebalan sang janin ikut terpengaruh juga.

Pemberian antibiotik (jalan pintas) sebaiknya diikuti dg penanggulangan
side efek dari antibiotik itu sendiri, sedangkan draynage atau
pengosongan saluran yg tersumbat mungkin akan lebih baik dilakukan oleh
tenaga yg ahli dan bukan oleh anda sendiri, kerna kesan saya adalah anda
mau melakukan semuanya sendiri dg bantaun saya hanya melalui email ini.
Faktor2 penyebab perlu dieliminasi, sehingga hasil setelah langkah
penanggulangan baik antibiotik + dan drainage, akan menghasilkan hal
permanent perbaikan.

Apabila infeksinya tdk terlalu parah, maka berendam dg air hangat pada
lokasi akan bisa membantu mengurangi sakit dan membantu pelepasan cairan
secar sendiri, akan tetapi eliminasi penyebab dibutuhkan agar tdk
terulang lagi.