Dear mbak Rani,

Duka cita saya yang mendalam untuk kepergian Haura ...
Saya salut dengan kesiapan mbak untuk kembali menata hidup, termasuk rencana
kehamilan selanjutnya.

Saya pastinya awam dengan kasus HLH yang sempat dialami almarhumah.  Saya
juga mungkin nggak bisa rekomendasikan DSOG yang cocok untuk mbak.
Kalau boleh kasih sedikit masukan, mungkin mbak bisa dapatkan informasi
lebih dahulu pasca kepergian almarhumah.  Info seperti ini mungkin bisa
didapat dari DSOG, DSA dan tim medis yang menangani kehamilan, persalinan
mbak juga penanganan almarhumah sejak lahir.

Apakah memang ada info tentang HLH sebagai kelainan genetik (mengingat
pembesaran limpanya dideteksi di usia sangat muda), apa kondisi
serius/kritis akhirnya dialami memang hanya karena HLH nya atau karena
'kombinasi' HLH dan herpesnya atau ada faktor lain.  Kalau memang melibatkan
treatment kemoterapi, apa memang sudah masuk kategori kanker (atau memang
ada fakta bahwa HLH itu 'mirip' dengan kanker) dan info lainnya yang
dipandang perlu dan penting untuk planning kehamilan selanjutnya.

Data semacam ini perlu mbak miliki sebelum mbak melakukan konsultasi dengan
DSOG pilihan mbak.  Ini yang nantinya akan menentukan treatment selanjutnya,
mis.:
- karena ada faktor genetik, mbak perlu melakukan test penunjang medis
bahkan sebelum positif hamil.
- history kesehatan/treatment sebelumnya bisa jadi panduan untuk planning
kehamilan selanjutnya, apa memang harus ada kerja sama intens antara DSOG,
dengan dokter ahli hematologi, dll. selama menangani kehamilan nanti.

Semoga mbak dapat 'konsultan medis' yang cocok nantinya ya :)

Best wishes,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi
( a previlaged mom with 4 kiddos ... after lost of firstborn son 9 years
ago)

Kirim email ke