ini aku xposting dari milis _asiforbaby_.

----- Original Message ----
From: ririe granita

To:
Sent: Monday, May 7, 2007 2:30:56 PM
Subject: [asiforbaby] Balasan: OOT//re:anak jatuh--kaitannya thrombopop
untuk
mom yang muslim

Moms
ini info khusus muslim yang baiknya mencari alternatif lain. ttg Thrombophop
yang kerap digunakan mengoles kulit anak bila terbentur. untuk memastikan
bisa
cek ke milis halal-baik-enak@ yahoogroups asuhan menteri pertanian pak Anton

ini saya copy paste dari filenya. lebih kurang mohon maaf..sekedar info
bu moderator ikut nginfoin ni yah,,about THROMBOPHOP

" Santy <sa...@...> wrote:

> Assalamualaikum wr.wb.
> Bapak - Ibu yg baik,
>
> Mohon kiranya penjelasan apakah kandungan 'Heparin
> Sodium' di dalam Thrombophob Gel yg biasa digunakan
> untuk memar (akibat jatuh) untuk anak2, adalah sama
> dg Heparin yang terbuat dari Porcine ?
>
> Menyesal sekali dulu pernah menggunakan salep ini
> kepada anak saya dan sekarang sewaktu mau memakai
> lagi, saya baru menyadari bahwa ini adalah Heparin.
>
> Wassalam
> Santy

Assalamualikum. ..
bu Santy... tidak ada istilah menyesal dikarenakan
sebelumnya ibu Santy blm mengetahui nya...
Insyaallah, kita akan lebih berhati-hati lagi bu.

Wassalam
Avi

Republika: Info Halal: Jumat, 17 September 2004

Menimbang Kehalalan Heparin

Penulis : fer

Segala penyakit akan menemukan obatnya. Dengan begitu, orang yang
berpenyakit, insya Allah, akan selalu mendapatkan obat sebagai penawar.
Walaupun begitu, seorang Muslim harus berhati-hati dalam memilih obat untuk
penyakitnya. Agar obat dari bahan yang halal sajalah yang dijadikan penawar
penyakitnya.

Heparin merupakan salah satu obat yang beredar di tengah masyarakat. Ia
adalah pencegah terjadinya penggumpalan darah. Biasanya digunakan oleh para
penderita serangan jantung. Meski telah banyak orang membuktikan
keampuhannya namun masih menyisakan keraguan bagi sebagian kalangan Muslim.
Sebab, bahan pembuat heparin itu sendiri, ditengarai dari babi.

Pada tahun 1994, kata Auditor LP POM MUI, Anton Apriyantono, MUI telah
mengeluarkan fatwa bahwa babi dan unsur-unsurnya haram dimakan. Oleh karena
itu, heparin termasuk ke dalam bahan yang haram di makan. ''Islam melarang
penggunaan benda-benda yang haram untuk ! pengobatan. Ada berbagai hadis
menjelaskan akan hal ini,'' katanya. Ada sebuah hadis yang diriwayatkan
oleh Abu Daud dan Abu Darda yang menyatakan bahwa Allah menurunkan penyakit
dan obatnya. Ia menciptakan obat bagi setiap penyakit. Maka manusia disuruh
untuk berobat namun tak berobat dengan barang yang haram.

Ia juga mengutip hadis lain yang diriwayatkan oleh Abu Darda. Dalam hadis
itu diceritakan, Dailam al-Humari pernah bercerita dan sekaligus bertanya
kepada Nabi Muhammad SAW tentang kebiasaan rakyatnya meminum perasan
gandum. Tujuannya, untuk menghangatkan tubuh agar kuat bekerja.

Setelah mengetahui minuman itu memabukkan, Nabi kemudian melarangnya. Nabi
Muhammad pun kemudian mengingatkan kepada al-Humari untuk memerangi
masyarakatnya jika mereka tak berhenti mengonsumsi minuman yang memabukkan
tersebut. Anton juga menyitir hadis lain, yakni Abu Darda, Muslim, Ahmad
dan Turmudzi meriwayatkan bahwa Thariq Ibn Suwaid bertanya kepada Nabi
Muhammad mengena! i khamar. Maka kemudian Nabi melarang meminumnya. Thariq
kemud! ian menj elaskan, ia menggunakan khamar itu untuk obat. Lalu Nabi
Muhammad menyatakan, khamar itu bukanlah obat melainkan racun.

Ada pula hadis yang melarang untuk menggunakan obat yang berasal dari hal
yang jelek. Hadis-hadis di atas, katanya, merupakan pijakan bagi para
fuqaha untuk menetapkan keharaman penggunaan benda-benda haram sebagai
obat. Meski demikian, dalam keadaan darurat para ulama sepakat bahwa
benda-benda haram boleh digunakan secara terbatas. Akan tetapi harus
memenuhi beberapa syarat. Di antaranya, harus ada keterangan dari ahli
medis atau dokter, sedapat mungkin Muslim, yang dapat dipercaya bahwa benda
yang haram itu dianggap dapat menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.

Lalu, kata Anton, penggunaan benda haram itu tidak boleh melebihi kadar
yang telah ditetapkan oleh dokter dan semata-mata diniatkan untuk berobat.
Artinya, obat itu memang hanyalah satu-satunya obat yang ada. Tak ada obat
lainnya sebagai alternatif.

Kirim email ke