Itu dia Mba Ade, kalo dibilang ngga bijaksana...saya sebelumnya udah
sebutkan bahwa Dito udah saya kasi OLAC. OLAC itu susu free laktosa.
Sebelum dikasi OLAC, Dito saya kasi susunya seperti biasa tapi diencerkan.
Tapi tetep aja diare. Nah, kalo kena virus dan sembuh dalam waktu
seminggu..wah..dia bisa jejeritan kalo seminggu sama sekali ngga minum
susu...hehehe.....

DSAnya pernah bilang...alergi ngga selalu langsung muncul saat anak dapat
asupan makanan yang menimbulkan alergi. Dia akan muncul kalau makanan yang
menimbulkan alergi sudah diatas ambang batas toleransinya. Nah ambang batas
ini kan berbeda2 pada setiap penderita alergi.

Kalau saya peratiin, BABnya Dito akan - maaf - berubah lembek kalo dia
minum susunya relatif lebih banyak dari biasanya. Tapi yang
mengkhawatirkan, sekarang BABnya udah - maaf lagi - bukan lembek lagi tapi
udah encer...hari Senin kemaren pagi sampai sore dia BAB 5 kali. Malemnya
dia nangis2 minta susu, saya kasi pediasure yang diencerkan sampai 60 ml
per sendok takar. Padahal saya cuma kasi 2 sendok (normalnya dia minum 7
s/d 9 sendok semaleman) Eh malemnya sampai pagi Selasa dia BAB sampai 8
kali. Selasa pagi ampe sore kembali ngga minum susu. Hanya BAB sekali masih
agak lembek. Malemnya dia nangis lagi minta susu, saya kasi OLAC, eh pagi
ini BAB dua kali dan - maaf - encer.

Bingung... makanya saya mau coba kasi susu kedelai. Tapi pasti tetep saya
cobain lagi susunya yang biasa...soalnya udah nyetok banyak..hihihi..ngga
mau rugi....

Makasih ya Mba Ade,
Salam,
Mamanya Anandito

                      "Ade Novita"

                      <[EMAIL PROTECTED]         To:      <[EMAIL PROTECTED]>

                      .id>                     cc:

                                               Subject: Re: [balita-anda] Susu Kedelai

                      11/19/03 10:49

                      AM

                      Please respond

                      to balita-anda

kalau susu penyebab diare biasanya sejak awal pemberian udah nunjukin tanda
tanda ketidakcocokan tapi kalau udah berbulan nggak pernah diare belum
tentu
juga diare saat ini krn susu, mungkin aja virus..
soalnya.. dsanya reva pernah bilang tidak terlalu bijak begitu anak diare
langsung suruh konsumsi susu kedelai, masih mending coba yang kadar
laktosanya kurang atau free itupun mesti dicoba dulu dgn susu yg biasa
dipakai dengan diencerkan.
kalau memang diare karena virus biasanya akan sembuh 5 - 7 hari lah...
asalkan anak tercukupi kebutuhan cairannya, dan virus dibuang melalui
pubnya
itu.

seingat saya ada cara tersendiri yang dilakukan dsa yg menguasai gastro utk
mengetahui si anak alergi tidaknya terhadap susu sapi. tapi saya nggak tau
caranya apa cuma pernah sekilas baca aja info ttg itu.