To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, June 14, 2010 8:53 AM
Subject: RE: [balita-anda] Urgent, Perlukah kuku dicabut?

Just sharing..
4bln lalu anak saya juga kuku jempolnya juga tertimpa meja lekar(meja
u/pengajian) yg cukup berat, apesnya ujung kaki meja kena tepat kaki
jempolnya.
Ngeri deh litanya jempolnya itu didalemnya ada darah, dan kuku langsung
berubah pucat kayak mati gitu.
Kita obatin hanya pake betadine cair aja,karena jempolnya memar banget,trus kami piker darah yg didalem jempolnya itu jd kering kita diemin,dan daffa jg
ga terlihat sakit bgt (secara dia pinter bgt nyembunyiin rasa sakit hiks)
nah selang berapa hari dia mulai sekolah,kejadian lg jempolnya nyenggol meja
sekolah,akhirnya pecahlah kulit kukunya ngeluarin darah yg ampun item bgt
dan udah bau. Ada rasa takut dan ada rasa bersyukur,ternyata dgn kejadian
kena kaki meja itu ketauan kalo kukunya itu udah bener2 mati,akhirnya dgn
pelan2 bicara sama daffa kalo kukunya itu harus dibuang,dan aku potong
pelan2,sampe habis.
Ternyata saran dari temen2 (saat itu aku posting dimilis ini) tuh bener kuku yg kejatuhan benda/terjepit itu mudah mati jd tetep gimanapun harus dibuang
untuk ganti kuku baru..
Skrg udah mulai kukunya itu numbuh walopun ga sebagus awalnya karena menurut
dsa anakku, daging jempol kakinya itu udah trauma jd agak masuk kedalem
sedikit.

Intinya kalo emang harus dicabut coba mbak sri kasih revanol dulu sedikit
untuk melemahkan kukunya agar mudah dipotong sedikit2 habis itu ganti pake
betadine cair, jgn terus2an pake revanol,karena kalo saya liat kuku jadi
agak kuning keijoan dan mudah sobek/lembek gt.

Smoga cepet sembuh ya