Hi mbak Fenty,

Wah .. si kecil sudah 8 bulan lagi usianya? :)
.. Ingat dulu mbak sempat sharing di milis ini tentang payudara lecet waktu
pertama kasih ASI :)

Untuk masalah BAB bayi, khususnya yang sudah kenal MPASI - selalu yang
dijadikan target observasi utama adalah jenis/jumlah/hygienitas asupan
makanan/minumannya, mbak.
- Ingat2 lagi, apa akhir2 ini sedang dikenalkan makanan/minuman baru.
Observe lagi tempat makanan/minumannya, dll.
- Cermati lagi kebersihan kuku tangannya (siapa tahu sekarang lagi sering
masukkin jari tangannya ke mulut).
- Kalau bukan mbak yang menyajikan menunya, bisa juga re-check lagi cara
masak/penyajian orang yang bertugas untuk menu si kecil.
- Observasi juga fesesnya, frekuensi BAB nya, perilaku si kecil dan apa saja
yang sedang jadi 'list' mbak untuk jadi menu makanan/minumannya sekarang2
ini.

Kalau belum sampai 'more than 6 times' BAB seharinya, sekaligus bentuknya
cair (tidak ada ampas), kadang sangat berbau - ditambah dengan perilakunya
yang lemas, nggak aktif, tiduran terus, demam, atau kondisi dehidrasi
lainnya --- FLUID and TIME masih bisa jadi 'andalan' home treatment untuk
kasus seperti ini :)

Umumnya, kejadian BAB seringnya karena sistem pencernaan si kecil sedang
'bereaksi'.  Fase seperti ini 'takes time' -- kadang harus lewatin dulu step
'muntah' atau 'mencret' bahkan 'diare' ... ini artinya mekanisme tubuh si
kecil sedang 'berupaya' mengeluarkan racun/virus/kuman/etc. dari dalam
tubuhnya.

Step selanjutnya yang 'tidak boleh lupa': re-hidrasi alias terus beri cairan
(apa saja yang si kecil suka dan sesuai umurnya) sambil tetap observasi
ketat. Kalau perlu, jangan dulu 'intervensi' dengan obat 'anti diare' or
'anti muntah', dll. supaya hasil observasi kita nggak jadi rancu.

Kalau sekarang anak mbak masih ceria, rakus makan, nggak ada demam -- sudah
jadi pertanda baik kalau BAB seringnya hanya reaksi pencernaannya saja.
Memang butuh waktu, tapi seharusnya BAB nya akan kembali ke pola normal.

O iya, sudah usia 8 bulanan kan?  -- jangan lupa mulai perkenalkan MPASI
dengan tesktur mulai dibuat lebih kasar sampai nanti siap dengan menu
keluarga waktu usia 1 tahun nanti ..

Keep observing & rehydrating si kecil ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

2010/6/24 Fenty Tanjungsari <fenty.tanjungs...@gmail.com>

> Moms,
> Normal ngak sih kalau bayi umur 8bln babnya spi 5-6x sehari???
> Kebetulan anakku masih asi dan sdh MPASI, klu memang sakit saya mau bawa
> kedtr.
> Anaknya sih ceria terus makannya tetap mau,,
> Mohon masukannya ya moms,,,
>
> Mama fira n pasha
> Sent from my iPhone
>
> <deleted>