Hi mbak Hilda,

Sekadar nambahin sedikit dari yang sudah di-shared parents lainnya:

- Diagnosa DB or Typhus ini ditegakkan setelah dilakukan test lab.
Apa memang test lab. dilakukan pasca 72 jam demam (tinggi) ya, mbak?
Umumnya salah satu parameter DB (peningkatan Hematokrit sekitar 20% dari
hematokrit awal pun) biasanya dimulai pada hari ke-3 demam (tinggi).

- Tidak ada terapi spesifik untuk DB bahkan DBD, prinsip utamanya tetap:
terapi suportif alias asupan cairan dalam tubuh pasien (pertama dengan oral,
alternatif lain dengan intravena/infus) harus tetap terjaga baik.  Apalagi
kalau sekarang masih demam,

- Diagnosa DB secara pasti bisa dimungkinkan lewat pemeriksaan menggunakan
alat PCR (metode RT-PCR).  Dengan metode ini diagnosa dapat ditegakkan
langsung dari hasil isolasi virus dengue nya.  Kalau memang ada fasilitas
itu di (lab.) or RS terdekat, mungkin bisa 'mempersingkat' metoda
pemeriksaan dan pastinya mempermudah pasien yang sudah sepuh :)

- O ya, cermati juga metode yang dipakai untuk menegakkan diagnosa Typhus.
Saya pikir, dengan indikasi gejala DB dan Typhus yang memang 'hampir mirip',
at least ada upaya maksimum untuk identifikasi penyakit secara jelas supaya
pasien manula tidak terlalu 'over' treatment.

- Mengingat usia pasien, perbanyak 'bekal info' tentang history kesehatan
pasien.  Konsultasikan juga ke dokter yang menangani agar semua advise
terapi dan treatment tetap sinergis sesuai kondisi kesehatan beliau.

semoga beliau cepat pulih, ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke