From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 19 Nopember 2003 13:47
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Hati-hati musim Pancaroba

Ini pengalaman pribadi Ri, jadi harus dibagi disini, karena target tular
virus coxackie ini adalah anak2 dibawah usia 10thn.

Begini ceritanya...

Kira-kira 2 minggu lalu anakku Hasbi (8thn) sakit demam sampai 39 derajat
C.  Hari itu hari Sabtu, puasa hari ke 6, dia mengeluh sakit tenggorokan.
Memang badannya juga demam.  Lalu hari Minggunya, dia minta buka puasa
setengah hari.  Katanya hauuus banget, tapi pas minum tenggorokannya kok
sakit.  Minggu malam.. panasnya naik turun. Diberi proris, turun....  dan
kringetan.  Tapi 6 jam kemudian demam lagi.  Hari Minggu malam itu juga dia
mengeluh tenggorokannya terasa panas, dia juga sudah mulai susah makan.

Hari Senin 3 Nov ada lepuh di telapak kaki & tangan, kata dia: rasanya
panas & gatal, tapi anggota tubuh yg lain enggak.  Senin itu juga, aku
daftarkan dia ke dr Jose, tapi sayang beliau melanglangbuana selama 2
minggu, lalu aku lari ke dr Idham, hebat, pilihanku ternyata so good (aku
tahu ini kemudian).

Selamtinov (Senin malam tiga November) itu oleh dr Idham Hasbi didiagnosa
tertular HFMD.  Nggak jelas ketularan dimana.  Oke, daripada sibuk mencari
sebab "bagaimana ular bisa masuk kerumah, lebih baik cari jalan bagaimana
mengeluarkan si ular dari rumah" (setidaknya analoginya begitu..)

Aku terus terang kaget, karena nggak nyangka virus coxsackie itu kok bisa
menyerang Hasbi, yg notabene kualitas makannya bagus (asumsiku, daya tahan
tubuh otomatis lumayan baguslah) tapi kok tetep saja ketularan.  Malam itu
didepan dr Idham, aku sempat terbelalak, nggak percaya.  Soalnya dirumah
juga ada Athar 1thn dan Bambam 6thn.  Tapi dr Idham menenangkan aku, dan
bilang "tenang aja bu, kan sudah ada obatnya, dalam 2 hari ini sakitnya
insya allah sembuh, hari ke 3 sudah boleh masuk sekolah, jangan kembali
lagi ke dokter kecuali anak nggak bisa makan, jangan lupa banyak2 minum
airputih"

Aku nggak setuju dengan sekolah di hari ke 3 setelah sembuh.  Hasbi harus
istirahat dirumah 1 minggu penuh.  Pertimbangannya: takut jadi carrier dan
menularkan ke teman2. Kedua, takut masih lemah dan karena dipaksa sekolah
jadinya malah bisa kena penyakit lain2 lagi.  Tapi memang,  obatnya dr
Idham itu canggih.  Sehari setelah pulang dari dokter, hari Selasa 4
November, Hasbi sudah bisa makan, juga bisa minum.  Hari Rabunya selera
makan sudah normal kembali.  Telapak kaki & tangan yg lepuh sudah membaik,
gatalnya sudah berkurang.  Sariawan disekitar tenggorokan dan rahang atas
sudah berangsur hilang.

                      Arie Indra

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:       [EMAIL PROTECTED]

                      ani.com>                 cc:

                                               Subject:  RE: [balita-anda] Hati-hati
musim Pancaroba
                      19/11/2003 11:47

                      AM

                      Please respond to

                      balita-anda

Mbak v,
Apa sih HMFD?
Eh anak ku minggu lalu aku ajak ke rumah neneknya, ternyata sepupunya
ada yg lagi sakit cacar. Walaupun dia diisolasi ke rumah sebelah, aku
kok takut ya... Jangan-jangan bisa nularin. Bisa gak sih? Apa anak usia
dibawah 9 bulan deh (kan belum imunisasi MMR) mudah terkena cacar? TQ

array