hi mbak Vie,

Mungkin ini yang bisa disebut alergi udara dingin, mbak :)
Kelihatan bedanya dengan hidung mampet karena memang pilek.  Alergi udara
dingin biasanya nggak ada gejala demam atau infeksi lainnya, selalu dialami
saat ketemu sama 'alergen' nya (alias udara dingin itu).  Nanti kalau suhu
udara sudah lebih hangat, gejala seperti itu 'tiba-tiba' hilang ...
Biasanya juga ada 'history' dari keluarga besar yang punya jenis alergi yang
sama.
Alergi udara dingin juga bisa macam2 manifestasinya: ada yang hidung meler,
hidung mampet, batuk2, bersin2, gatal2, rash di tubuh, dkk.

Suhu udara jam 3 - 4 pagian itu umumnya memang lebih dingin (ini juga
waktunya anak2 saya kebangun sebentar berburu selimut hehehe). Apalagi kalau
memang tidur di kamar ber-AC.

Cara paling ampuh untuk deal dengan alergi adalah hindari alergennya karena
memang alergi bukan penyakit.  Alergi macam ini bisa berlangsung sepanjang
hidup tapi somehow bisa juga hilang.  Saya termasuk penderita alergi udara
dingin waktu kecil (apalagi menghabiskan masa kecil di Bandung yang super
duper dingin waktu itu ;)), tapi sudah lamaaaa juga nggak lagi ngalamin
alergi ini .... hanya ternyata menurun ke anak saya Jovan :)

Untuk anaknya mbak, coba kondisikan dia lebih merasa hangat di jam2 seperti
itu.  Mis.: matikan AC atau pindah ke ruang tidur tanpa AC, pakai baju /
selimut lebih tebal.

sun sayang buat si kecil ... usahakan tetap rajin ASI esklusif-nya ya, mbak
:)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke