dear miko,

Bayi tidur mengigau biasa..normal.. anak saya juga begitu..biasanya
tjd kalau terlalu capek main2 atau saat demam tinggi

Ada beberapa fase dalam tidur, salah satunya adalah fase Deep sleep,
pada fase ini dapat dilihat adanya REM (rapid eye movement, saat tsb
sedang mengalami apa yang disebut mimpi dan bisa saja mengigau.

yg pastigangguan tidur mengigau dll klo sering tjd sbg night terror bs
jd akibat dr tekanan or stress di siang harinya..klo ini sering tjd n
sangat mengganggu bgt kudu dicaripenyebabnya... shg anak bs tidur dg
nyenyak..krn wkt tidur kan sbenernya waktu pertumbuhan..

ini aku ada artikelnya ya..

Uci mamaKavin+ija
http://oetjipop.multiply.com

Jenis-Jenis gangguan tidur dan upaya mengatasinya
http://www.rsi.sg/indonesian/teknomedika/view/20070123135200/1/.html
January 23, 2007

Waktu tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah 6 jam sehari, dan
idealnya adalah 8 jam. Di bawah waktu itu disebut kurang tidur yang
bisa disebabkan oleh bermacam-macam gangguan tidur, atau dalam istilah
medisnya disebut sleep disorder.

Menurut para pakar kedokteran, beberapa jenis gangguan tidur bahkan
bisa mengganggu fungsi mental dan emosi pada penderitanya. Spesialis
gangguan tidur dari Rumah Sakit Umum Singapura Dokter K. Puvanendran
menjelaskan, kurang tidur menyebabkan orang seperti dalam keadaan mabuk.

Dijelaskannya, orang yang kurang tidur adalah seperti orang mabuk. Hal
itu akan berpengaruh terhadap tingkah laku dan konsentrasi, di mana
semakin kurang tidur maka orang akan cenderung seperti kebanyakan
minum alkohol.

Yang lebih mengerikan lagi adalah keadaan itu bisa mengakibat
terjadinya kecelakaan lalu lintas jika seorang yang kurang tidur
memaksakan diri untuk mengendarai mobilnya.

Dokter Kenny Pang dari Pacific Sleep Centre - yakni pusat konsultasi
dan pengobatan gangguan tidur yang berlokasi di Orchard Road -
menjelaskan, pada dasarnya gangguan tidur pada manusia dimasukkan
dalam dua kategori, yakni yang terkait dengan masalah pernapasan dan
gangguan yang tidak terkait dengan gangguan itu.

Yang paling umum - kata Dokter Kenny Pang adalah yang berkaitan dengan
gangguan pernapasan sewaktu tidur, yang mencakup obstructive hypopnea
dan snoring atau mendengkur.

Obstructive hypopnea dapat diartikan sebagai napas yang pendek atau
tersengal. Dokter Kenny Pang menambahkan, sering napas berhenti
sejenak sehingga menyebabkan turunnya jumlah oksigen di dalam tubuh.

Sedangkan gangguan tidur yang tidak terkait dengan pernapasan termasuk
di antaranya insomnia atau sering juga dikenal dengan keadaan kurang
tidur, atau tidak bisa tidur karena berbagai sebab.

Kondisi ini di antaranya karena stress - anxious atau diliputi rasa
khawatir atau karena depresi atau tertekan. Akibatnya mereka tidak
bisa tidur di malam hari.

Dokter Kenny Pang menjelaskan lebih lanjut, jenis-jenis gangguan tidur
lainnya. Dijelaskannya, gangguan tidur lainnya termasuk sleep walking
atau berjalan padahal masih tidur atau sleep talking berbicara saat
tidur - teror malam yang terjadi pada kanak-kanak - kemudian mengompol
serta teeth grinding atau gigi gemeretuk.

Dokter Pang menegaskan, night terror kebanyakan terjadi pada
kanak-kanak dan sangat jarang menyerang orang dewasa, atau bahkan bisa
dikatakan tidak pernah.

Gangguan ini biasanya menakutkan bagi orang tua si anak sebab biasanya
si anak tiba-tiba terbangun dengan perasaan takut luar biasa, dan
menangis dengan keras, kadang-kadang bahkan berteriak-teriak.

Mata mereka biasanya terbuka sehingga kelihatannya si anak sudah
terbangun, padalah ia masih dalam keadaan tidur. Dalam keadaan seperti
ini mereka susah untuk dibujuk agar tenang. Namun - kata Dokter Kenny
Pang - sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Menurut Dokter Kenny Pang juga menjelaskan tentang masalah night
terror atau teror malam yang biasa terjadi pada kanak-kanak saat tidur.

Faktor-faktor apa yang menyebabkan munculnya night terror? Dokter
Kenny Pang menjelaskan, terror malam yang biasa terjadi pada
kanak-kanak merupakan fenomena biasa dan terjadi begitu saja.

Kendati begitu, dalam beberapa kasus night terror bisa disebabkan oleh
rasa stress atau juga bisa disebabkan oleh adanya faktor-faktor sosial
atau psikologis yang mungkin dialami oleh si anak.

Kendati begitu, latar belakang ini tidak didukung oleh bukti-bukti
yang menguatkan sehingga sebab-sebab itu masih menjadi silang pendapat
di kalangan pakar medis.

Dengan demikian, sejauh ini masih belum diketahui penyebab medis
timbulnya night terror kendati hal itu sangat biasa terhadi pada anak.

Lalu tindakan medis apa yang dilakukan untuk mengobati orang yang
menderita night terror? Kembali Dokter kenny Pang menjelaskan. Menurut
Dokter Kenny Pang, biasanya tindakan yang dilakukan adalah dengan
melakukan scanning atau pengindraan otak guna memastikan bahwa kondisi
si pasien dalam keadaan baik.

--
Lusika Yuliana - Uci ma2Kavin+Ija
http://oetjipop.mulltiply.com