Halo mbak Holly, saya coba bantu bacain dari growth Chartnya ya...

saya udah bikin plot dari semua data yang mbak tulis..

dan saya lihat, gak ada yang mengkhawatirkan.. sekali lagi, ini hanya hasil
bacaan saya di atas kertas lho ya :)

dari lahir hingga usia 4 tahun, BB anak mbak perkembangannya stabil... rata2
ada di presentil (semacam kurva) 50. ini artinya, kalau ada 100 anak
dijejerin, 50 anak BBnya akan lebih berat dari anak mbak, dan 49 anak
lainnya sama atau lebih rendah BBnya :)

dan dari tahun ketahun, perkembangan BB stabil.. tidak menurun ataupun
meningkat drastis. BB yang presesntilnya stabil adalah yang baik. Tapi
kalaupun presentilnya turun/naik, selama tidak drastis, its fine, karena
memang balita BBnya suka naik turun... maklum, era-nya rentan penyakit dan
males makan..

mbak, memang sekurus apa sih? seperti yang saya tanya kemarin, anak mbak
sehat dan otaknya pintar kan? kalau ada yg berpikir bahwa anak gemuk itu
lebih baik, ini pikiran dah kuno.. salah kaprah..

lalu ttg anak susah makan... memang begitu.. ada masanya. kitanya yg harus
pinter2 ngolah dan bikin variasinya.. situasi makan yang menyenangkan juga
harus kita cari.

radang tenggorokan? memang balita masih rentan sakit... kalau bisa jangan
terbiasa pake istilah "sakit radang tenggorokan".. karena itu bukan
penyakit, hanya gejala...

otak encer? maksudnya apa ya? saya malah gak ngerti pertanyaannya :) anak
mbak kalau diajak bicara nyambungkah? lalu di sekolah bagaimana? apakah ada
kesulitan bersosialisasi dan mengikuti pelajaran dari guru?

maaf belum bisa bantu banyak ya mbak... anak jangan gemuk.. yg penting
sehat... gemuk itu dah gak lucu lagiii...

-b-

> umur
> Mulai
> lauknya