Bun Aliya & Naufal

From: Sylvia Radjawane [mailto:sylvia.radjaw...@gmail.com]

hi mbak Viria & mbak Evi

Jadwal imunisasi di sekolah memang dT/TT (tetanus saja) atau DPT?

Seperti yang di-shared mbak Evi, usia 5 tahunan memang jadi jadwal imunisasi
(dosis ke-5)   DPT atau DPaT (Pa = Pertussis a-cellular, yang tidak 'pakai'
demam :)).
Ini untuk melengkapi serial vaksinasi DPT yang sudah diperoleh anak sejak
bayi (3x sebelum usia 1 tahun dan dosis ke-4 di usia 18 bulan).
Seperti anaknya mbak Evi, berarti rangkaian vaksinasi DPT ini sudah
'komplit' :)

Umumnya menjelang kelulusan SD (usia pubertas / 10-12 tahun), baru
dijadwalkan lagi vaksinasi dT/TT (ada indikasi Pertussis bukan lagi jadi
'ancaman' untuk anak seusia itu jadi tidak perlu lagi dimasukkan dalam
vaksin).

So, untuk mbak Viria, make sure jadwal vaksinasi apa yang akan dilakukan
nanti.  Kalau memang belum dapat vaksinasi DPT (dosis ke-5), ada baiknya
segera dapatkan untuk melengkapi proteksi diri dari infeksi DPT.

Kalau tidak salah untuk anak kelas 1 SD, biasanya program BIAS di sekolahnya
mencakup vaksinasi  Campak (dosis 2) (cmiiw).  Ini pun kalau anak ternyata
sudah dijadwalkan MMR (dosis 2) dengan dokternya, tidak perlu lagi mengikuti
progam di sekolah karena campak (Measle) sudah tercakup dalam MMR.

Masalah batuk, pilek (selama tidak demam tinggi) tidak jadi halangan untuk
imunisasi, mbak.

Kecuali anak mengalami sakit cukup berat, demam tinggi, daya imun menurun
karena sakit serius, terapi/medikasi tertentu.  Biasanya kondisi seperti ini
memang harus menunda pemberian vaksin sampai cukup fit. Ini pastinya untuk
mencegah tubuh harus 'extra kerja keras' melawan infeksi melawan vaksin
(kuman/virus yang dilemahkan) sekaligus sehingga daya proteksi yang
terbentuk dalam tubuh jadi tidak optimal.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

2010/10/22 Evi Martini <evina...@gmail.com>

> oiya moms, anak saya juga dapat pengumuman tsb . Tapi tahun lalu waktu usia
> 5 tahun dia sudah dapat DPT 5 + polio dari dsa nya  , jadi saya pikir tidak
> usah lagi ikut DT yang dari sekolah . Pendapat moms lain gimana ya ? mohon
> sharingnya

> Pada 22 Oktober 2010 07.55, Viria Arieaji <vi...@ptmkm.co.id> menulis:
>
> Dear Parents,
>
> Mau tanya dong, anakku kelas 1 SD ada pemberitahuan dari Sekolah
> Akan ada imunisasi DT (Tetanus).
> Sebaikanya ikut atau tidak ya?
> Kondisi anaknya sekarang lagi pilek & batuk juga.
> [...]

<deleted>

IMPORTANT NOTICE
This e-mail transmission (including attachment hereto, if any) is intended for
the use of the named addressee or authorized recipient(s). It may contains
confidential and/ or legally privileged information otherwise protected by law
from disclosure belong to PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors & Manufacturing
("MKM"), therefore the authorized recipients shall protect this confidential
information with subject to provisions of MKM's policy.
Information in this e-mail message that do not relate to the official business
of MKM shall be understood as neither given nor endorsed by MKM.
If you are not the intended recipient(s), you are hereby notified that any
dissemination, distribution or copying of this e-mail message is strictly
prohibited, so please immediately notify the sender and/or delete this e-mail
message (including attachment hereto, if any) from your computer appropriately.
Thank you.