halo mbak yuli..
treatment asma yang "tiba2 muncul" pada orang dewasa memang tidak lgsg
dikasi obat-an jangka panjang.. biasnaya memang hanya diuap beberapa kali..
selama diuap diberikan obat hirup (seperti ventolin) untuk meredakan
asmanya.

asma adalah bentuk dari alergi. alergi ini memang bisa timbul kapan aja.. yg
dulu2nya nggak, tiba2 muncul... dan bisa jadi yg biasanya runtin muncul,
tiba2 hilang.. bisanya sih alergi akan muncul kembali kalau kondisi tubuh
sedang tidak fit...

diliat aja mbak.. kalau asma suami tambah parah, hindari pencetus2nya,
merokokkah? kalau iya, kurangi semaksimal mungkin.. lalu lebih sering
bersih2 rumah.. dan yg terpenting adalah lebih banyak olahraga. Dengan
olahraga tubuh akan fit, dan alergi/asma akan sangat jarang kambuh..
dan segera konsul ke dokter.. mungkin akan diresepkan ventolin inhaler yg
harus dibawa kemanapun

saya penderita asma juga... tapi sejak olahraga rutin, asma udah gak pernah
menyerang lagi..

maaf belum banyak bantu yah..
-b-