*kalo dari dinas kesehatan*

Last Update 10 Januari 2003

Copy Right © 2002 All Right Reserved : Dinas Kesehatan DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No. 10 Jakarta - Indonesia

Tanda-tanda demam berdarah:

   1.

   Mendadak panas tinggi selama 2 sampai 7 hari
   2.

   Tampak bintik-bintik merah pada kulit
   3.

   Kadang-kadang terjadi pendarahan di hidung (mimisan)
   4.

   Mungkin terjadi muntah atau berak darah
   5.

   Sering terasa nyeri di ulu hati
   6.

   Bila sudah parah, penderita gelisah. Tangan dan kakinya dingin dan
   berkeringat.

 Dalam beberapa hari saja keadaan penderita dapat menjadi parah, dan dapat
menyebabkan kematian.

 Tindakan yang harus dilakukan bila ada penderita demam berdarah:

Pertolongan pertama yang penting memberi minum sebanyak mungkin

   1.

   Kompres dengan air es

   1.

   Beri obat turun panas

   1.

   Selanjutnya penderita segera dibawa ke dokter/Puskesmas yang terdekat
   untuk diperiksa. Bila diduga terserang Demam Berdarah akan dikirim ke Rumah
   Sakit untuk dirawat.

 Lapor segera ke Puskesmas / Sudin Kesehatan setempat dengan membawa surat
dari Rumah Sakit

*kalo standar WHO 1997*
dari
http://www.fkumyecase.net/wiki/index.php?page=Diagnosis+dan+Terapi+pada+Demam+Berdarah+Dengue+Derajat+Dua

Berdasarkan kriteria WHO 1997, diagnosis DBD ditegakkan bila semua hal ini
terpenuhi:
1. Demam atau riwayat demam akut, antara 2-7 hari biasanya bifasik.
2. Terdapat minimal 1 manifestasi perdarahan berikut: uji bendung positif;
petekie, ekimosis, atau purpura; perdarahan mukosa; hematemesis dan melena.
3. Trombositopenia (jumlah trombosit <100.000/ ml).
4. Terdapat minimal 1 tanda kebocoran plasma sbb: Peningkatan hematokrit
>20% dibandingkan standar sesuai umur dan jenis kelamin. Penurunan
hematokrit >20% setelah mendapat terapi cairan, dibandingkan dengan nilai
hematokrit sebelumnya. Tanda kebocoran plasma seperti: efusi pleura, asites,
hipoproteinemia, Hiponatremia.

mudah2an bisa membantu

Arief H

2010/10/27 Novri andy <costcontrolle...@yahoo.com>

> Dear Moms and Dad's
>
> Mohon maaf mengganggu, saya ingin bertanya mengenai penyakit DBD,
> apa saja tanda-tanda fisik seseorang terkena penyakit DBD, mungkin Mom's
> and Dad's punya informasi tersebut yang bisa di share.
>
> Terimakasih atas sharing-nya
>
> Best regards
> Abinya Maritza

Kirim email ke