dear mbak silvia...

makasih banget utk informasinya......very appreciate...

salam/irma

________________________________
From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Mon, November 22, 2010 4:50:26 PM
Subject: Re: [balita-anda] Cacar air? (was: wabah cacar)

Hi mbak Irma,

Selamat ya atas kehamilannya :)  Anak ke-3 mbak?

Firstly, supaya nggak 'salah persepsi', mungkin maksudnya sedang wabah cacar
air ya di rumah? (karena 'cacar' konotasinya ke penyakit lain yang untungnya
memang sudah 'punah' dari muka bumi ini selain penyakit pes) :)

Kalau memang mbak sudah pernah kena cacar air sebelumnya, tubuh mbak punya
daya imun (proteksi) terhadap virus ini, biasa dikenal dengan istilah
'kekebalan alami' terhadap virus cacar air.

Untuk ibu yang sedang hamil, memang ada beberapa indikasi risiko janin
ikutan terinfeksi cacar air (conginetal varicella), salah satu parameternya
memang dari usia kehamilan ibu.

Kutipan dari salah satu info di website _American Pregnancy_ (
http://www.americanpregnancy.org/pregnancycomplications/chickenpox.html):

[quote]

   - If chicken pox occurs within the first trimester, the risk of birth
   defects is 0.5-1 percent
   - If chicken pox occurs within the 13th and 20th week, the risk of birth
   defects is 2 percent
   - If chicken pox occurs within 5 days or less of delivery or 1-2 days
   after delivery, there is a 20-25% chance that your baby will develop chicken
   pox, known as *congenital varicella*.
   - If chicken pox occurs within 6-12 days before delivery, there is a
   chance that the baby can still get chicken pox. In this case your baby may
   receive some of your newly made chicken pox antibodies, which will cause the
   *congenital varicella* to be mild.

So, mbak Irma seharusnya sih untuk kasus mbak kondisi janin cukup aman
terproteksi karena kekebalan alami mbak dari cacar air.
Make sure aja mbak jangan terlalu lelah, usia kandungan tri-mester ke 3
sekarang, ditambah harus merawat 2 anak kecil yang sakit pastinya exhausted
:)  Tetap prioritas untuk perkuat daya tahan tubuh ya mbak.  Tetap makan
minum bergizi dan istirahat berkualitas.  Kalau memungkinkan, 'berbagi
tugas' merawat anak sakit dengan orang rumah (yang juga sudah kebal cacar
air) lainnya

take care ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke