From: Dian Rismanasari <rismah...@gmail.com>
Date: Mon, 22 Nov 2010 22:05:38
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: [balita-anda] need advise, persentil menurun
dear all,
Mohon advisenya ya....
Anakku cowoq 19 bulan BB-nya 10.3 kg TB-nya 81 cm. Dalam
perkembangannya, baru bisa jalan 18 bln sempat ikut program di Klinik
Tumbuh Kembang karena menurut dokter ada keterlambatan di motorik
kasarnya. Pada usia ini, perbendaharaan katanya
masih belum ada 20 kata, tapi sudah bisa menunjukkan keinginannya dan
perintah2 sederhana sudah bisa. Seperti kalau abis pipis dia pasti
memasukkan celana kotornya di ember birunya, disuruh ambil sepatu atau
benda2 yang mudah juga bisa, perintah sederhana sudah paham.
BB waktu lahir 3.2 kg ada di percentil 50, mulai memasuki usia 9 bulan BB-nya
menurun di persentil 10, mulai 12 bulan ada kenaikan BB walau sedikit
tapi grafiknya terus naik. Oleh dokter KTK, anakku dibilang kurang BB
jadi mempengaruhi perkembangannya. Minum susu harus digenjot
sampai kira-kira 1 ltr per hari, kebetulan anakku agak susah minum susunya
(masih ASI kalau aku di rumah full, jam kantor disambung sufor).
Maemnya agak susah, apalagi kemarin baru sembuh dari sakit. Akhir-akhir ini
ogah maem nasi, tapi aku siasati dengan kasi makaroni, mie atau sumber
karbohidrat lain.
Yang jadi pertanyaan aku, apakah memang ada yang harus diwaspadai pada
anakku mengingat percentilnya yg menurun. Dan sebaiknya aku bagaimana?

salam,
Dian
mom icha&abiq