hi mbak / mas Ikei Kido :)
(saya cc juga ke e-mail addressnya, in case mbak/mas belum jadi member milis
Balita Anda)

Setuju dengan jeng Lif,
Saya nggak tahu mbak/mas tinggal di mana, tapi kalau memungkinkan, segera
cari puskemas atau dokter atau RS terdekat untuk mendapatkan vaksinasi BCG
buat si kecil ya.  Nggak perlu tunggu jadwal imunisasi di tempat tinggal
mbak/ mas bulan depan.  Ini termasuk imunisasi wajib dari pemerintah jadi
harganya pun sangat terjangkau :)

Umumnya dari lahir sampai max usia 2 bulan bayi dapat mengikuti jadwal
vaksinasi BCG.  Asumsinya mungkin karena usia segitu bayi belum banyak
kontak dengan lingkungan luar, di lain pihak TBC masih jadi penyakit 'beken'
di Indonesia dan banyak populasi penderitanya.

Saya pernah baca info, kalau sudah lewat usia 2 bulanan dan belum juga
diimunisasi BCG, maka imunisasi 'susulan' ini diberlakukan setelah melewati
rangkaian test (test Mantoux, pemeriksaan fisik, etc.) ... cukup
'complicated' untuk bayi seusia itu kan? :)
Bahkan imunisasi BCG ini saja tidak menjamin sepenuhnya tubuh 'kebal'
terhadap kuman TBC (daya proteksinya bisa dibilang lebih rendah dibandingkan
jenis vaksinasi bayi lainnya).

So, segera daftarkan dan imunisasikan si kecil ya mbak/mas :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke