Apakah ada tanda2 dini untuk mengetahui efek samping dibawah?

Thanks

-----Original Message-----
From: Lif Rahayu [mailto:lifrah...@gmail.com]
Sent: Thursday, December 30, 2010 11:46 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Imunisasi MMR

MMR, measles mumps and rubella, mumps atau gondongan, itu penyakit
karena virus, leher membengkak, demam dan nyeri (beda ya dengan penyakit
gondok). Perlu, kalau terkena gondongan, efek samping yang parah bagi
anak laki2 adalah infertil atau tidak subur.

Sent from my Nayma's white iPhone

On Dec 30, 2010, at 11:22 AM, "Rahman-G" <rahman.guna...@gmail.com>
wrote:

> Kalau ditanya perlu atau tdk perlu itu dikembalikan ke diri kita, yang
pasti mmr ini utk melemahkan virus rubella, campak satu lagi saya lupa
(maaf).

> Vaksin ini utk anak umur 1th keatas kemudian ada dosis penguat nanti
pd saat umur 4 atau 5. Kalau sekarang umur anak nya udah 1.5 th sudah
boleh diberikan mmr.

> Fyi: ada penelitian di eropa yang melaporkan vaksin ini dengan
hubungan nya dengan autis tapi kemudian dari beberapa penelitian lain
gagal membuktikan hubungan nya, jadi ya ga perlu hawatir.

Merawat dan Mendidik Balita

Balita-Anda: Panduan Orangtua yang Cerdas, Kreatif dan Inovatif dalam
Merawat dan Mendidik Balita