hi mbak Magdalena,

Wah .. seru juga ya punya anak yang tanggal lahirnya sama :)

Dari hasil browsing tentang contoh acara yang bisa dipakai di ultah anak:

http://kamissore.blogspot.com/2009/11/macam-permainan-dalam-acara-kids.html

Permainannya bisa macam -macam mbak, dari pengalamanku ngerayain ultah
atau Kids
Birthday<http://id.88db.com/id/Services/Post_Detail.page/Business_Opportunity/Buisness_Seminar_Exhibition/?PostID=119747>dan
datang di ultah temen anak ya...seperti:

1. rebutan kursi sambil diputar musik (kursi pertama ada 5, dikurangi 1- 1
sampai hanya ada 1 kursi untuk 2 anak).. jadi anak yg gak dapat kursi,
menyingkir....

2. permainan anak disuruh ngomong seribu, dua ribu sampai sepuluh ribu
dengan nada cepat.. biasanya anak kesaru bicara jadi BIRU (bukan ribu)

3) Permainan disuruh bicara :KEPALA DIGARUK, KELAPA DIPARUT dengan nada
cepat

4) Anak disuruh buka tutup mulutnya. orang dewasa menginstruksikan Buka,
tutup,buka, tutup. tutup, buka......biasanya ada yg salah harusnya buka jadi
tutup or sebaliknya...

5) Mencari ibunya untuk dicium supaya kena lipstiknya. Lipstik yg menempel
jelas dan besar.. dia yg dapat hadiah....agar kids birthday semakin meriah.

6) Pertanyaan tentang jati diri anak yang ultah seperti siapa nama panjang
anak yg ultah, nama ortu, tempat rs si anak dilahirkan dll

7) Permainan tebak2an...atau..yang seru lagunya dinyanyikan ada jumlah
binatang / buah (dikarang sendiri lagunya)....di akhir lagu tsb disuruh
hitung ada berapa binatang/buah tersebut.

Mbak, untuk jenis permainan no.1 (kalau memang ingin dipakai), mungkin bisa
'dimodifikasi' sedikit.  Anak yang nggak kebagian kursi jangan disuruh
'menyingkir' dari arena permainan, tapi diminta duduk dengan anak lain yang
dapat kursi.  At least, sekalian belajar 'berbagi' tanpa perlu merasa
'disingkirkan' dari permainan :)

Kalau memang acaranya cukup lama, mungkin mbak bisa siapkan beberapa alat
prakarya sederhana yang dibuat bersama (mungkin pesertanya untuk teman2
anaknya mbak yang umur 6 tahun).  Kalau pernah lihat acara TV anak _Mister
Maker_ dari channel _CBeebies_ atau link-nya (
http://www.bbc.co.uk/cbeebies/mistermaker/), banyak sekali jenis prakarya
simple yang bagus dan dapat diselesaikan dalam waktu 1 menit! :)

Biasanya anak2 suka banget dengan balon.  Karena yang diundang tetangga
sekitar, balon bisa jadi salah satu item di goodybag mereka nanti.

Saya sempat ngalamin waktu menghadiri acara pernikahan beberapa waktu lalu
dan saya pikir lucu juga kalau 'diadopsi' di acara ultah anak.  Kalau mbak
atau papanya anak2 atau ada orang yang bisa jadi 'fotografer' taraf
'lumayan' OK, bisa juga buat salah satu acara untuk jadi isi goodybag yang
lumayan unik.
Setiap undangan yang datang bisa minta pose sejenak di bagian rumah mbak
yang sudah disiapkan 'ala' studio dadakan, bisa juga di samping board/kertas
besar yang memang dipajang di sana untuk bebas ditulisi selamat ultah oleh
para undangan (kalau para undangan kecil nggak bisa nulis, bisa diwakilkan
ortunya), lalu selama acara ultah foto tsb. bisa dihias/dibingkai dan pulang
nanti bisa jadi salah satu isi goodybag yang menarik :)

That's all for now... semoga masih 'dianggap' kreatif ide-nya ;)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke