Mbak,

Saya juga pernah kena batuk parah pas hamil usia 25 mingguan kemarin,
Obatnya, minum jeruk nipis + kecap, minum wedang jahe, banyak minum air
putih, makan buah2an dan sayur2an dan juga banyak makan makanan bergizi.
Kalau tidak tahan bener2, bisa saja minum obat batuk yang TIDAK mengandung
bahan2 di bawah ini:

(aslinya buat ibu hamil, tapi ya mirip2 lah untuk ibu menyusui)
*Obat tidak aman:*

   - Obat batuk/pilek/flu yang mengandung campuran beberapa senyawa
   berbahaya, seperti kafein, alkohol, kodein, efedrin, dan dekstrometrorfan,
   karena dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan memicu denyut jantung
   janin.
   - Vitamin C dosis tinggi, dapat membahayakan perkembangan janin.

*Obat aman:*

   - Parasetamol
   - Madu ditambah peppermint, diseduh dengan air hangat
   - Mentol dan minyak kayu putih untuk mengatasi hidung tersumbat
   - Permen pelega tenggorokan

sumber:
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/obat.batuk.pilek.untuk.ibu.hamil/001/001/382/3

Kirim email ke