Hai Bunda,
Menurut aku sih perlu test kesehatan untuk ART baru, apalagi kalo ART nya untuk
jagain anak2 atau orang tua lanjut usia.
Biasanya yang perlu di cek :
1. TBC, karena  kelompok bayi dan orang lanjut usia rentan sekali terserang TBC.
    Dan biasanya kasus TBC seringkali tidak bergejala. Tidak mudah menentukan
apakah  seseorang mengidap TBC atau tidak kalau orang tersebut masih merasakan
badannya sehat dan mampu mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

2. Yang kedua, infeksi kulit scabies atau kudis.
    Infeksi kulit ini terutama terjadi di sela-sela jari tangan kaki serta
lokasi kulit  yang tidak berambut. Penyakit ini gampang menular dan biasanya
menyebabkan kulit yang terinfeksi gatal dan bernanah.Penyakit ini disebabkan
oleh parasit Sarcoptes scabiei yang berpindah dari satu orang ke orang lain
melalui kontak yang erat.

Menurutku jangan pernah menganggap sepele masalah kesehatan calon  pengasuh
atau
ART sebelum mereka diterima bekerja. Ongkosnya tentu  menjadi mahal jika anak
sudah terlanjur menjadi korban infeksi penyakit.

Semoga memberi masukan bunda! :)

Regards
Davina
www.LittleHipo.com