*Forward dari milis tetangga.. Semoga membuat kita waspada dan hati-hati..*

---------- Forwarded message ----------
From: decky <deckyi...@yahoo.com>
Date: 2011/3/11
Subject: [honda-tiger] OOT- Hati2 dengan darah dari PMI
To: honda-ti...@yahoogroups.com

OmBro dan TanSist,

Ane mau share aja kejadian yang ane alami sendiri ( jadi ini dijamin 100%
bukan
HOAX ).
Tepat minggu lalu ane nganter anak ane untuk transfusi darah disalah satu
rumah
sakit ibu dan anak didaerah Jatinegara, Singkat cerita setiap transfusi
darah
disitu memang ane selalu dianjurkan oleh dokter anak ane agar darah yang
diambil
dari PMI untuk discreening ulang oleh rumah sakit ( NAT ) untuk mencegah
hal2
yang tidak diinginkan. Awalnya ane menolak karena setahu ane di PMI sudah
ada
proses sceening darah untuk penyakit2 berbahaya ( HIV, Hepatitis B,C,dll )
namun
menurut Dokter ane screening yang dilakukan oleh PMI masih terlalu longgar
sehingga masih besar kemungkinan untuk penyakit2 berbahaya tersebut lolos
dari
proses screening..dan akhirnya ane nurut sama dokter untuk discreening (
soalnya
biaya screening ini cukup mahal - 900 rb / kantong )

Dan malamnya setelah dapat darah dari PMI dan dilakukan screening ulang oleh

rumah sakit, betapa terkejutnya ane ternyata hasil lab menunjukan bahwa
darah
yang diambil dari PMI mengandung HIV POSITIF!!!!!...ane shock berat...untung
aja
ane mengikuti saran dokter...ane nggak sanggup membayangkan jika ane nggak
screening ulang ( My deepest thanks to Dr.dr Pustika Amalia ) alhamdulillah
Allah masih melindungi..

Akhirnya seninnya ane coba konfirmasi lagi ke orang PMI dan tulis surat
komplain
melalui salah satu social web, dan baru 2h ari yang lalu mendapatkan
konfirmasi
dari PMI dan kira2 beginilah konfirmasinya : bahwa setiap darah yang masuk
ke
PMI memang melalui proses screening, proses screening sendiri ada 3 macam
yaitu
dengan metode rapid dan ELISA ( dengan cara melihat kehadiran antibodi dari
virus penyakit ) dan metode NAT ( dengan melihat DNA/RNA virus ). Metode
rapid
dan ELISA sebetulnya cukup ( menurut orang PMI lho.... ) untuk memfilter
virus
penyakit2 berbahaya, namun pada setiap infeksi virus selalu ada window
period
antara 3 - 6 bulan sebelum antibodi muncul, sedangkan dengan metode NAT
virus
dapat langsung diketahui begitu darah terinfeksi.

Oleh karena itu dengan metode screening yang dilakukan oleh PMI saat ini
maka
masih besar kemungkinan untuk virus2 tersebut lolos ( let say penderita HIV
yang
baru terinfeksi dan belum sadar kalau dia terinfeksi ikut donor darah ).

Mohon maaf sekali, no offense saya sama sekali tidak ada maksud untuk
mejelek-jelekan organisasi tertentu saya hanya coba untuk share karena
menurut
ane ini adalah informasi yang sangatr penting seperti ini satahu saya belum
pernah ada dan disosialisasikan...
Dan saran saya kepada PMI mohon agar dilakukan perbaikan dalam hal screening

darah.kalau memang masalah biaya mahal at least informasi ini dishare kepada

setiap orang yang akan mengambil darah di PMI sehingga tau akan resiko yang
terkandung didalam darah yang akan diambil.

Mohon maaf kalau kepanjangan, have a nice weekend!!

Regards,
Decky
F 3454 KN