Dari http://www.pacific.net.id/doctor/umum/qa/qu991130.html dapat ini:

Kulit putri saya kasar dan gatal

Halo Pak Dokter,
Putri saya (4th) sejak umur 1.5-2 th memiliki kulit yg kasar, kadang
gatal. Daerahnya terutama pd lipatan (siku, belakang lutut). Pd daerah
tsb, kulitnya kering dan agak keriput (seperti kulit muka yg dicuci dg
sabun berulang kali sampai kering). Pernah ke dokter anak lalu diberi
krim

Elocon (mometasone furoate). Setiap diberi krim tsb, beberapa hari
kemudian kulitnya menjadi mulus kembali. Tapi sekitar seminggu atau
dua minggu lagi kulitnya kembali lagi kasar. Semula diperkirakan krn
sabun yg digunakan, sampai memaksakan diri memakai sabun bayi SebaMed
yg mahal, tp tdk pengaruh.

Apakah putri saya akan tergantung pd krim tsb? Adakah cara lain utk
mengobatinya? Terima kasih banyak. (G. Hoffman)

JAWAB :

Elocon adalah sejenis kortikosteroid yang ringan dan memang dapat
digunakan untuk bayi atau pada orang dewasa di bagian muka, namun
penggunaan jangka panjang tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan
efek samping seperti pelebaran pembuluh darah setempat, dsb.

Terutama pada anak-anak yang kulitnya masih sensitif, kekasaran pada
kulit salah satunya bisa disebabkan karena sabun yang bersifat terlalu
basa sehingga lemak kulit terlarutkan. Untuk mengatasinya, cobalah
dengan baby oil atau sekarang banyak dijual lotion pelembab kulit yang
digunakan setiap habis mandi.

Salam kesehatan,
Dr. August (DTV)